Santai di Kafe Tokyo Bisa Minum Teh Bareng Babi-babi Imut

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 29 Apr 2019 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ada yang spesial saat kamu bersantai di Mipig Cafe. Sambil makan dan minum, kamu bisa main bareng babi peliharaan yang mungil dan menggemaskan!

Konsep kafe binatang bukan hal baru di Jepang. Ada kafe kucing, burung hantu, hingga berang-berang yang bisa disambangi pencinta binatang. Yang terbaru, Jepang khususnya Tokyo punya Mipig Cafe.

Dikutip dari Inside Edition (29/4), Mipig Cafe menghadirkan babi teacup alias babi mungil yang bisa menemani pengunjung bersantai sambil makan dan minum. Babi ini masih terbilang bayi karena usianya berkisar dua hingga empat bulan. Beratnya juga tak lebih dari 4,9 kilogram.

Santai di Kafe Tokyo Bisa Minum Teh Bareng Babi-babi ImutFoto: Istimewa

Jenis babi ini juga populer di kalangan selebriti pencinta binatang seperti Paris Hilton dan Ariana Grande. Mereka mencari peliharaan unik yang bentuknya seperti miniatur babi sungguhan. Soal eksistensinya, babi teacup sudah terbilang jarang mengingat ras aslinya sudah terancam punah, tulis Next Shark (29/4).

Baca Juga: Ada Kafe Berang-berang di Jepang yang Dicurigai Merupakan Satwa yang Dilindungi

Babi teacup umumnya merupakan hasil persilangan babi pot-bellied dengan babi berukuran lebih kecil seperti minipig Göttingen, Juliana, Choctaw Hogs, atau kunekunes.

Santai di Kafe Tokyo Bisa Minum Teh Bareng Babi-babi ImutFoto: Istimewa

Bahkan menurut Society for Prevention of Cruelty to Animals International (SPCA), babi teacup lain ada yang sengaja dibiakkan untuk menjadi lebih kecil. Akibatnya jenis babi tersebut mengarah pada kelainan genetik, masa hidup yang pendek, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Di Mipig Cafe, babi yang digunakan berasal dari peternakan di Prefektur Yamanashi. Peternakan itu baru saja mengimpor babi mungil dari Inggris pada awal tahun ini.

Santai di Kafe Tokyo Bisa Minum Teh Bareng Babi-babi ImutFoto: Istimewa

Soal pendanaan, Mipig Cafe kabarnya berawal dari konsep di Camp-Fire, sebuah situs pencarian dana mirip Kickstarter atau GoFundMe. Dari dana 2 juta yen (Rp 245.000.000) yang ditargetkan, Mipig Cafe malah berhasil mengumpulkan dana dengan total lebih dari 4 juta yen (Rp 508.000.000).

Kepada CNN (29/4), pendiri Mipig Cafe mengatakan, "Kami ingin orang Jepang merasa lebih akrab dengan binatang ini dan akhirnya menjadi anggota keluarga tercinta." Untuk bermain bersama babi teacup di Mipig Cafe, pengunjung setidaknya harus beli satu minuman.

Santai di Kafe Tokyo Bisa Minum Teh Bareng Babi-babi ImutFoto: Istimewa

Harga minumannya mulai dari 600 yen atau sekitar Rp 76.000. Pengunjung juga bisa menikmati dessert tema babi. Untuk waktu kunjungan adalah per 30 menit, bisa ditambah dengan kelipatan 30 menit jika menginginkannya.

Baca Juga: Minum Kopi di Kafe Ini Bisa Ditemani dengan Ular, Berani Nggak?

(adr/odi)