Mau Nyicil Belanja Puasa? Ini Bahan yang Bisa Distok Dulu

Devi Setya - detikFood Minggu, 28 Apr 2019 09:00 WIB
Foto: istock Foto: istock
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Bulan Ramadan sudah tinggal menghitung hari, saatnya mempersiapkan berbagai kebutuhan jelang puasa. Salah satu yang tak boleh luput adalah stok makanan.

Ada beberapa makanan yang bisa jadi persediaan makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Kepada detikFood, Chef Norman memberikan tips cerdas menyimpan stok makanan jelang Ramadan.

Berikut beberapa tips membeli dan menyimpan bahan makanan yang bisa disiapkan sebelum Ramadan.

1. Ayam setengah matang
Mau Nyicil Belanja Puasa? Ini Bahan yang Bisa Distok DuluFoto: istock

Ayam yang sudah diungkep memang kerap jadi andalan menu sahur yang praktis. Beli ayam sekaligus dalam jumlah banyak lalu masak dengan bumbu hingga matang. Lalu kemas ayam dalam wadah kedap udara.

Ayam ungkep ini bisa digoreng atau dipanggang sesaat sebelum disantap. "Kemas ayam dalam berbagai wadah dan jangan lupa beri tanggal agar jelas terlihat masa simpannya," kata Chef Norman.

Ayam yang dibekukan ini mampu bertahan lama, jadi olahan ayam ini bisa sekaligus dibuat dalam jumlah banyak.

Baca juga : 5 Bahan Makanan Beku Ini Cocok untuk Stok Puasa

2. Makanan beku
Mau Nyicil Belanja Puasa? Ini Bahan yang Bisa Distok DuluFoto: istock

Aneka makanan beku siap olah juga bisa jadi pilihan stok selama bulan Ramadan. Pilih olahan seperti otak-otak, chicken nugget, rollade hingga aneka bakso yang awet disimpan dalam suhu beku.

Kalau mau lebih sehat dan lezat, makanan beku ini bisa dibauat sendiri. Proses masak yang cepat dan praktis membuat makanan beku siap jadi menu andalan saat sahur.

3. Makanan kering dan bumbu
Mau Nyicil Belanja Puasa? Ini Bahan yang Bisa Distok DuluFoto: istock

Makanan kering juga terbilang awet tahan lama sehingga cocok jadi stok bulan puasa. Anda bisa menyimpan pasta, mie hingga kerupuk. Meskipun dalam bentuk kering tapi makanan ini tak perlu disimpan dalam jumlah banyak.

Bumbu juga jadi bahan yang tak kalah penting. Chef Norman menyarankan untuk menyimpan bumbu inti seperti bumbu merah, bumbu putih dan bumbu kuning. Buat juga aneka sambal yang bisa jadi pelengkap makan. Simpan dalam wadah bersih agar bumbu dan sambal awet disimpan.

4. Perhatikan jumlah makanan
Mau Nyicil Belanja Puasa? Ini Bahan yang Bisa Distok DuluFoto: istock

Meskipun aman disimpan lama, tapi bukan berarti bisa kalap saat berbelanja. Perhitungkan jumlah makanan, waktu simpan dan jumlah orang yang makan di rumah.

Jangan sampai sudah menyetok banyak makanan banyak tetapi malah jadi mubazir karena tak termakan. Selain jumlahnya, perhatikan juga tanggal batas kadaluarsa makanan yang dibeli.

Baca juga : Kurangi Keribetan Memasak Saat Puasa dengan Stok Bahan Kering Ini

5. Tak perlu stok bahan ini
Mau Nyicil Belanja Puasa? Ini Bahan yang Bisa Distok DuluFoto: istock

Tidak semua bahan makanan bisa jadi stok makanan selama puasa. Chef Norman menyarankan untuk menghindari stok sayuran dan buah segar dalam jumlah terlalu banyak.

Sebaliknya, ia justru menyarankan sayuran dan buah sebaiknya dibeli dan dipergunakan dalam keadaan segar terutama sayuran hijau berdaun. Demikian juga dengan buah-buahan. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan