Belanja Ramadan yang Hemat Cermat

Kurangi Keribetan Memasak Saat Puasa dengan Stok Bahan Kering Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 31 Mei 2016 15:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Agar tak repot memasak saat puasa, Anda perlu siapkan stok bahan makanan di dapur. Aneka pasta hingga tepung menjadi salah satu yang wajib ada di lemari dapur.

Dengan mempersiapkan stok bahan makanan, Anda dapat dengan mudah membuat masakan dalam waktu cepat. Berikut ini beberapa bahan makanan kering yang bisa Anda siapkan sebelum Ramadan.

1. Mie dan pasta
Selain nasi, mie hingga pasta bisa jadi pengganti karbohidrat yang mengenyangkan. Sediakan mie instan, mie telur, bihun dan pasta sebagai persediaan selama Ramadan. Aneka mie sangat praktis diolah dengan cara direbus atau digoreng. Tumis bumbu dan tambahkan potongan sayuran, ayam, telur hingga udang. Rasanya lezat dan kaya nutrisi.

Jika si kecil ataupun keluarga menyukai pasta, Anda bisa memilih makaroni. Pasta ini bisa dimasak dengan cara direbus dan ditambahkan ke dalam sup atau campurkan dengan telur dan juga keju untuk makaroni panggang. Akan tetapi jika suka dengan spaghetti, Anda juga bisa merebusnya dan langsung ditambahkan dengan saus yang gurih creamy.

2. Kacang-kacangan
Tak hanya mengandung serat, kacang-kacangan juga mengandung protein yang bisa membuat tubuh lebih berenergi. Untuk stok di lemari dapur, sebaiknya pilih kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan juga kacang tanah.

Kacang hijau yang ditambahkan dengan gula merah dan santan bisa dijadikan sebagai menu berbuka. Sedangkan kacang merah bisa dibuat menjadi es kacang merah ataupun dijadikan sebagai campuran sup.

Bagi Anda pecinta sambal, sebaiknya goreng kacang tanah dan simpan dalam wadah stoples. Sewaktu-waktu jika ingin mencocol gorengan dengan sambal kacang, bisa langsung dihaluskan. Akan tetapi jika menyimpan kacang goreng jangan berlebihan. Sebaiknya simpan dengan ukuran tak lebih dari 1/2 kg.

3. Tepung
Aneka tepung-tepungan seperti tepung terigu, tepung beras, tepung ketan dan kanji bisa dijadikan stok. Tepung ini sangat penting untuk membuat adonan gorengan seperti tahu, bakwan tempe hingga perkedel. Selain itu, agar lebih cepat memasak saat sahur, Anda juga dapat siapkan tepung bumbu siap pakai.

4. Oatmeal dan sereal
Oatmeal berasal dari gandum utuh yang kaya serat. Jika tak sempat sahur, oatmeal bisa jadi alternatif. Cukup campurkan buah-buahan segar seperti pisang atau strawberrydan minum segelas susu. Sajian ini cukup sebagai pasokan energi saat puasa.

5. Bumbu dan rempah
Gula merah, lada, bawang goreng, ketumbar dan bawang putih bubuk bisa Anda beli dan disimpan untuk persediaan selama puasa. Kalau sewaktu-waktu ingin membuat sambal atau sup Anda tak perlu repot sangrai ketumbar atau menghaluskan bawang putih. (lus/odi)