Seafood ala Restoran

Nikmat! Fish and Chips dengan Paduan Nasi Kuning hingga Sambal Geprek

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 18:02 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran
Jakarta - Meski asalnya dari Inggris, fish and chips juga jadi favorit di Indonesia. Di sini, fish and chips banyak dipadu citarasa eksotik dari Asia.

Fish and chips merupakan fillet ikan goreng tepung yang digoreng hingga garing. Biasanya disajikan bersama saus tartar dan didampingi kentang goreng. Hidangan ini begitu populer di Inggris meski sebenarnya menurut sejarah, fish and chips pertama kali dibuat masyarakat Marrano Portugal.

Di Indonesia, fish and chips banyak disukai karena lapisan tepungnya gurih renyah, sementara fillet ikannya lembut. Seiring waktu, fish and chips mendapat sentuhan inovasi dengan paduan saus dan menu pendamping gaya Asia. Seperti 5 menu fish and chips unik berikut ini.

1. Fish and chips dengan nasi kuning

Nikmat! Fish and Chips dengan Paduan Nasi Kuning hingga Sambal GeprekFoto: dok. detikFood

Mampir ke Fish & Cheap di Pluit Village, kamu bisa cicip fish and chips dengan pendamping nasi kuning yang mengenyangkan. Nama menunya XXL Fish & Cheap Yellow Rice yang dibanderol sekitar Rp 39.000. Fillet ikan dori tepung dipadu nasi kuning yang gurih sedikit manis. Rupanya diantara nasi kuning terselip potongan kismis.

Baca Juga: Fish & Cheap: Gurih Lembut Fish and Chip's yang Ramah Kantong

2. Fish and chips dengan sambal matah

Nikmat! Fish and Chips dengan Paduan Nasi Kuning hingga Sambal GeprekFoto: dok. detikFood

Yang juga banyak ditemui di beberapa restoran fish and chips adalah cocolan sambal matah. Bahkan di Fish & Chips House, cocolan ini jadi favorit. Harganya sekitar Rp 15.000 per mangkuk. Restoran di kawasan Wijaya ini meracik sambal matahnya segar dengan isian banyak cabe rawit, bawang merah, daun jeruk, hingga potongan jeruk limau diantaranya. Sensasi pedas, segar, dan aromatik membuat banyak orang suka memadukan fish and chips dengan sambal khas Bali ini.

Baca Juga: Fish & Chips House: Enaknya Makan Fish & Chips Dicocol Sambal Matah di Resto Mungil

3. Fish and chips dengan nasi briyani

Nikmat! Fish and Chips dengan Paduan Nasi Kuning hingga Sambal GeprekFoto: dok. detikFood

Siapa bilang fish and chips tak bisa dipadu olahan nasi khas Timur Tengah? Fish Wow Cheese di Tebet memperkenalkan menu Fish & Chips Briyani Rice With Tartar Sauce yang harganya sekitar Rp 36.000. Nasi briyaninya terasa gurih berempah khas kapulaga dan jintan dengan aroma menggugah selera. Untuk fish and chipsnya berupa ikan dori goreng tepung, saus tartar, dan perasan lemon.

Baca Juga: Fish Wow Cheese: Gurih Unik Fish & Chips dengan Paduan Nasi Briyani

4. Fish and chips dengan sambal geprek

Nikmat! Fish and Chips dengan Paduan Nasi Kuning hingga Sambal GeprekFoto: Istimewa

Foto: Instagram ofishid
Tren sambal geprek juga menghinggapi fish and chips. O!Fish di kawasan Serpong dan Kelapa Gading memperkenalkan O!Fish Black Geprek. Tampilannya unik karena tepung pelapis fish and chips berwarna hitam. Nampak kontras disandingkan sambal geprek dengan kulit cabai merah di atasnya. O!Fish memang punya menu andalan fish and chips. Kamu bisa pilih mau ikan dory atau cobia. Pendampingnya bisa mashed potato, green salad, atau nasi.

Baca Juga: O!Fish: Ikan Cobia Berempah Disanding dengan Sambal Matah

5. Fish and chips dengan sambal terasi

Nikmat! Fish and Chips dengan Paduan Nasi Kuning hingga Sambal GeprekFoto: Istimewa

Foto: Instagram storeateller
Kalau bosan sambal matah dan mau coba yang beda, fish and chips dengan sambal terasi bisa dicoba di Fish & Cheap. Restoran fish and chips dengan konsep harga murah ini menyediakan cocolan sambal terasi yang pedasnya nendang. Pencinta pedas bisa mencocolkan potongan ikan goreng tepung ke sambal tradisional Indonesia ini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran