Fish & Cheap: Gurih Lembut Fish and Chip's yang Ramah Kantong

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 12 Mar 2019 16:55 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Di sini, ada menu fish and chips dengan paduan sambal yang pedas mantap. Selain enak, harga aneka sajian seafoodnya ramah di kantong.

Berkunjung ke salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Jakarta Utara, kami menemukan restoran fish and chips murah. Tak heran kalau restoran itu diberi nama 'Fish & Cheap'.

Fish & Cheap: Gurih Lembut 'Fish and Chip's yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Namanya sudah mencerminkan jika harga aneka hidangan yang ada ramah di kantong. Tempatnya sendiri amat mencolok dibanding restoran lain. Itu karena warna biru tua serta puluhan lampu yang menghiasi langit-langit restoran.

'Fish and chips' merupakan sajian khas Inggris. Berupa fillet ikan cod atau kakap yang dibalut adonan tepung dan digoreng garing. Disajikan dengan saus tartar dan french fries sebagai pelengkap. Sajian ikonik Inggris ini populer di dunia hingga muncul restoran dengan andalan 'fish and chips' dan sajian seafood lainnya.

Hmmm.. aroma gurih seafood tercium semerbak begitu memasuki area restoran. Di sini, Anda wajib memesan menu yang diinginkan di meja kasir sebelum duduk. Beberapa menu andalannya tertera jelas di papan belakang kasir.

Fish & Cheap: Gurih Lembut 'Fish and Chip's yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Dilihat dari buku menunya, di sini ada banyak pilihan menu berbahan dasar ikan dan seafood. Mulai dari XXL Fish, Fisherman Meal Grilled Salmon Head Fried, Golden Dory Fish With Pasta, Paella Seafood, Classic Fried Gurame, Asia Seafood Pasta hingga Seafood Platter.

Uniknya, semua sajian diberi sentuhan rasa lokal bercita rasa pedas. Sebab sambal matah dan sambal belacan menjadi pelengkap yang bisa diambil sepuasnya di meja khusus sambal.

Melihat semua menu, kami akhirnya tertarik dengan XXL Fish & Cheap Yellow Rice (Rp 39.000). Fish and chips disajikan di wadah aluminium berbentuk wajan ukuran kecil. Fillet ikan dori yang lembut dibalut dengan tepung dan digoreng hingga kering.

Fish & Cheap: Gurih Lembut 'Fish and Chip's yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Begitu dibelah, tercium aroma gurih ikan dan adonan tepung. Saat digigit, bagian luarnya renyah sedangkan daging ikan dorinya lembut dan tak terendus aroma anyir. Makin pas dimakan dengan nasi kuning pulen hangat yang bercita rasa gurih sedikit manis. Sebab di dalamnya terselip beberapa kismis. Nyam!

Tapi keringat akan bercucuran begitu fish and chips dicocol dengan sambal matah berwarna merah kecokelatan yang dipenuhi biji cabe. Huaah, sambalnya pedas menggigit!

Tapi, kalau tak suka pedas, Anda bisa mencocol fish and chips dengan saus mayo yang tersedia. Gurih creamy! Seafood Pasta (Rp 43.000) juga tersaji di wajan aluminium kecil yang sama. Hanya saja diberi pemanas agar sajianberkuah itu tetap hangat.

Fish & Cheap: Gurih Lembut 'Fish and Chip's yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Asia Seafood Pasta berisi spaghetti, satu buah udang, potongan daun selada dan tomat yang dipadu dengan kuah kaldu seafood berwarna cokelat sedikit kental. Lalu bagian atasnya ditaburi potongan daun bawang dan bawang goreng serta emping.

Terlihat sangat menggoda. Ditambah aroma gurih sedap seafood yang mengelus hidung, membuat kami tak sabar untuk melahapnya.

Fish & Cheap: Gurih Lembut 'Fish and Chip's yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Sluurp! Kuah gurih sedikit manis khas kaldu seafood ternyata pas disandingkan dengan spaghetti. Apalagi jika kuahnya diseruput bersama daging udangnya yang tebal, segar, dan manis. Wah, paduan bahan masakan Italia dan sentuhan sajian Melayu yang pas.

Terakhir, sebagai camilan kami penasaran dengan menu Fried Smiley Potatoes with Fish Ball (Rp 39.000). Menu ini cocok jika Anda mengajak si kecil ke sini.

Kentang goreng berbentuk wajah yang tersenyum disandingkan dengan dua buah sate fish ball. Ada sambal belacan, matah, dan mayo sebagai pelengkap. Tapi jangan biarkan si kecil mencocol kentang goreng dengan sambal yang ada, sebab kedua sambalnya cukup pedas.

Fish & Cheap: Gurih Lembut 'Fish and Chip's yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Meski sederhana, kentangnya digoreng hingga garing sehingga renyah begitu digigit. Tapi daging kentang yang tebal di bagian dalam justru lembut. Begitupun dengan fish ball. Fish ballnya dibalut dengan adonan tepung dan digulingkan ke tepung panir kemudian digoreng kering. Yummy!

Melihat porsinya, harga sajian yang ada di sini terbilang ramah di kantong. Sangat cocok jika Anda penyuka fish and chips sekaligus penyuka sambal.

Fish and Cheap
Pluit Village, Lantai Ground
Jl Pluit Indah Raya, Pluit, Jakarta Utara
Telp: 021 6684082/0878 87524001

(dwa/odi)