Kakek 105 Tahun Ini Jual Mantou Demi Biayai Pengobatan Anaknya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 14:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kasih sayang orang tua memang sepanjang masa. Buktinya kakek 105 tahun ini tetap semangat berjualan demi membantu biaya pengobatan anaknya yang sakit.

Ada banyak penjual mantou di Taipei, Taiwan, namun yang punya kisah istimewa adalah seorang kakek berusia 105 tahun yang giat menjual kue bernama lain Chinese steamed bun ini. Dikutip dari World of Buzz (26/4), meski usianya sudah sangat tua, ia tetap semangat berjualan mantou.

Sang kakek diketahui berasal dari Shandong, China. Ia berusaha mengumpulkan uang untuk pengobatan anaknya yang menderita penyakit mental karena juga merupakan seorang pencandu narkoba dan pasien diabetes.

Kakek 105 tahun ini kabarnya sempat balik ke kampung halaman beberapa kali, namun karena ingin fokus menyembuhkan anaknya, ia putuskan tinggal di Taipei. Di kota ini ia berjuala mantou, tepatnya di Jingmei pada siang hari lalu pindah ke bagian luar Stasiun Wanlong pada malam hari.

Kakek 105 Tahun Ini Jual Mantou Demi Biayai Pengobatan AnaknyaFoto: Istimewa

Baca Juga: Meski Fisiknya Terbatas, 5 Penjual Makanan Ini Jadi Sosok Inspiratif

Konon mantou jualan sang kakek terasa enak, ukurannya besar, dan harganya tak mahal. Mantou ini juga berisi daun bawang yang jadi favorit banyak orang.

Saking sibuk berjualan, kadang kala kakek penjual mantou terlihat tidak makan malam. Salah seorang wanita yang melihatnya ingin membantu dengan menanyakan pada kakek makanan apa yang ia inginkan. Namun wanita itu sulit berkomunikasi karena ternyata pendengaran kakek sudah tak prima.

Kakek 105 Tahun Ini Jual Mantou Demi Biayai Pengobatan AnaknyaFoto: Istimewa

Akhirnya pengunjung wanita itu membelikan makanan untuk sang kakek. Ia terlihat begitu berterima kasih dan bahkan ingin membayar makanan yang diberikan wanita itu. Tentu saja, wanita itu menolak dan lebih memilih mendukung sang kakek dengan membeli mantou juga.

Pengunjung wanita ini berharap semakin banyak orang, terutama yang tinggal di Taiwan membagikan kisah kakek penjual mantou. Harapannya jualan sang kakek juga semakin laku.

"Saya telah melihat bahwa masih banyak mantou yang tersisa ketika larut malam. Ada banyak orang yang lewat di stasiun bus, jadi mengapa tidak mengambil sekantong mantou untuk dimakan di rumah saat Anda sedang dalam proses menunggu, karena itu benar-benar sepadan untuk uang Anda," pungkas si pengunjung wanita.

Baca Juga: Mengharukan! Kakek Ini Lakukan Kencan Makan Siang dengan Foto Mendiang Istrinya

(adr/odi)