Sebutan Mana Yang Benar, Doughnuts atau Donut?

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 17 Apr 2019 09:12 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebutan donat sempat menjadi perdebatan banyak orang. Doughnut atau donut, manakah yang benar?

Doughnuts telah menjadi bagian integral dari budaya Amerika. Dilihat dari sejarahnya, ternyata kata pengucapan 'doughnut' atau 'donut' sempat jadi perbincangan. Yang mana yang benar untuk pengucapannya ya?

Doughnut termasuk ejaan asli yang sudah dikenal sejak lama. Akan tetapi kata donut lebih merujuk kepada donat populer yang hingga saat ini masih berkembang.

Sebutan Mana Yang Benar, Doughnuts atau Donut?Foto: iStock

Para penemu di Merriam Webster telah memasukkan penemuan ini ke dalam kamus mereka. Bahwa ejaan donut itu seharusnya tidak ada. Adonan kue goreng dengan aneka topping yang enak ini seharusnya disebut dengan doughnut. Tetapi mengapa tidak ada yang bisa mengeja ini dengan benar?

The Daily Meal (13/04/2019) melakukan penelitian untuk menemukan beberapa jawaban. Ternyata, ejaan doughnut itu dihasilkan karena camilan ini dibuat menggunakan dough atau adonan.

Baca Juga: Mau Coba? Ada Donat Jumbo Seukuran Muka yang Tren di London

Lalu kenapa ada yang mengejanya dengan donut? Ternyata, ejaan singkat ini muncul dan diketahui pertama kali pada tahun 1900 dalam buku "Peck's Bad Boy and His Pa" oleh George W. Peck.

Di dalam buku tersebut juga tertulis "Pa bilang dia mengira ia tidak punya nafsu makan yang banyak. Dan ia hanya akan minum secangkir kopi dan makan donut," tulis salah satu karakter dalam buku tersebut.

Sebutan Mana Yang Benar, Doughnuts atau Donut?Foto: Thinkstock

Sedangkan di Amerika rupanya lebih sering mengeja dengan doughnut. Menurut beberapa sumber, ejaan yang disederhanakan menjadi lima huruf yaitu donut. Itu digunakan dengan sengaja untuk membuat kata tersebut lebih mudah saat diucapkan orang asing.

Menurut Merriam Webster, kata donut dimunculkan sejak pertengahan abad ke-20 dan ini menjadi awal disebutnya donut. Sehingga kata donut ini selalu masuk dalam menu yang merujuk pada kue goreng ini.

Pendapat lainnya juga menyebutkan bahwa pada abad ke-20 alias 1950 kata donut semakin populer dengan adanya gerai Dunkin Donuts. Jika dilihat grafiknya dari Google Books Ngram menampilkan dari tahun 1900 hingga 2008 melalui Google Trends bahwa kata donut adalah pemenangnya.

Baca Juga: Yummy! Donat Enak Ini Hanya untuk Mereka yang Berusia 21 Tahun (lus/lus)