Resto Asianya Dikritik, Gordon Ramsay Tanggapi Lewat Instagram

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 16 Apr 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menyebut nama seorang kritikus makanan dalam unggahannya. Gordon Ramsay kembali tanggapi soal restoran barunya yang sajikan menu autentik Asia.

Beberapa waktu lalu, Gordon Ramsay membuka sebuah restoran Asia di London bernama Lucky Cat. Sajikan makanan autentik Asia, penulis sekaligus kritikus kuliner bernama Angela Hui menyebut kalau restorannya tidak benar-benar sajikan masakan autentik Asia.

Dalam ulasannya untuk Eater London, Hui menyebut restoran milik Gordon Ramsay melakukan kesalahan ejaan pada menu, kurangnya ventilasi dan atmosfir yang mirip seperti "klub malam".

Resto Asianya Dikritik, Gordon Ramsay Tanggapi Lewat InstagramFoto: Istimewa

"Pencahayaan di restoran ini kurang. Ruangan begitu gelap sehingga membuat pengunjung hampir tak bisa melihat makanan yang disajikan di hadapan mereka," tulis Hui.

Baca juga: Gordon Ramsay Diprotes karena Akan Buka Resto Asia yang Chefnya Bukan Orang Asia

Komentar Hui soal Lucky Cat juga ramai di Instagram. Dimana Hui diduga membuat komentar mengenai kualitas makanan yang dibuat oleh head chef Ben Orpwood yang menurut Ramsay ia telah bolak-bolak pergi ke Asia Selatan selama beberapa bulan untuk penelitian.

Hui juga menyatakan kalau dirinya adalah satu-satunya "orang Asia Timur' di acara itu. Komentar Hui tampaknya juga memicu kontroversi pertama kali ketika Ramsay mengumumkan konsep restorannya. Disebut "stereotipe" serta kurangnya chef Asia di sana.


Geram dengan hal ini. Ramsay pun berkomentar melalui media sosialnya untuk membela Lucky Cat.

"Terlepas dari tanggapan positif para tamu, sayangnya ada satu tanggapan ofensif dari malam itu yang harus saya sebutkan," tulis Ramsay dalam akun Instagram.

Resto Asianya Dikritik, Gordon Ramsay Tanggapi Lewat InstagramFoto: Istimewa

Ramsay menambahkan,"Tidak apa-apa untuk tidak menyukai makanan saya. Tetapi prasangka negatif dan penghinaan tidak diterima dan komentar Hui juga menyebut Ben Orpwood serta istrinya sebagai 'istri Token Asia' adalah sesuatu yang sangat pribadi dan tidak sopan," tambahnya.

"Restoran Gordon Ramsay tidak membeda-bedakan pengunjung berdasarkan jenis kelamin, ras atau kepercayaan dan kami tidak mengharapkan orang lain melakukan ini. Saya mungkin tidak setuju dengan semua ulasan Anda tetapi jika seseorang menjadi kritis, maka saya berharap mereka juga memiliki profesionalisme dan integritas."

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Gordon Ramsay Tak Pernah Menyentuh Makanan di Pesawat (lus/odi)