Gordon Ramsay Diprotes karena Akan Buka Resto Asia yang Chefnya Bukan Orang Asia

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 06 Feb 2019 19:22 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Gordon Ramsay akan segera buka restoran 'autentik Asia' di London musim panas nanti. Restoran itu berlokasi di Grosvenor Square, Mayfair.

Dikutip dari NextShark seperti dilaporkan Eatery London (1/2), Lucky Cat memproklamirkan diri sebagai 'authentic Asian Eating House'.

"Sebuah usaha dan konsep baru yang revolusioner untuk grup ini, restoran ini dirancang untuk menjadi Asian Eating House yang autentik dan late-night lounge yang terinspirasi dari kedai minuman di Tokyo pada tahun 1930-an dan Asia," tulis deskripsi Lucky Cat dalam grup restoran Gordon Ramsay seperti dilaporkan Eatery London.

Gordon Ramsay Tuai Protes Karena Buat Restoran Asia Tapi Chefnya Bukan Orang AsiaFoto: Istimewa
Namun begitu kami mengintip Instagram resmi Lucky Cat, restoran itu hanya menulis, "Asian Eating House and vibrant late-night loung." Lucky Cat sendiri akan dibuka pada bulan Mei mendatang.

Restoran itu menggantikan restoran milik Gordon Ramsay sebelumnya bernama Maze. Maze sendiri tutup sejak bulan Mei 2018 setelah mengalami kerugian sebesar £ 3,8 juta (Rp 68 miliar) pada akhir Agustus 2017.

Baca juga: Baca juga:Ini Alasan Mengapa Gordon Ramsay Tak Pernah Menyentuh Makanan di Pesawat

Soal sajian, juri Hell's Kitchen itu menggandeng Chef Ben Orpwood, mantan chef di Issho. Issho sendiri merupakan sebuah restoran Jepang di Leeds, Yorkshire.

Gordon Ramsay Tuai Protes Karena Buat Restoran Asia Tapi Chefnya Bukan Orang AsiaFoto: Istimewa
"Saya tidak sabar untuk membuka pintu Lucky Cat dan membawa rasa baru dari makanan dan budaya Asia ke Mayfair," jelas Ramsay

Sayangnya, banyak netizen yang meninggalkan komentar negatif terkait berita soal restoran 'autentik Asia' milik Gordon. Sebab Gordon tidak bekerjasama dengan chef berdarah Asia. Hal itu terlihat lewat akun Instagram Nextshark. Rata-rata yang meninggalkan komentar ialah warga Asia.

"Orang berkulit putih senang berbinis dan mengambil keuntungan dari sajian khas Asia," tulis akun troioi.kien

"Lol, orang berkulit putih membuat sajian khas Asia," tulis joseph.2109

Gordon Ramsay Tuai Protes Karena Buat Restoran Asia Tapi Chefnya Bukan Orang AsiaFoto: Istimewa
Namun tak sedikit pula netizen yang membela Gordon Ramsay. "Saya tidak percaya dengan komentar negatif dan rasis ini.. Saya 100% keturunan China Amerika dan saya bisa memasak Smoked Texas Brisket dan Pulled Pork Tacos.. Memasak merupakan kemampuan dan karya seni. Mengatakan 'Hanya orang Asia yang bisa masak sajian Asia itu memalukan'," tulis akun 9nerhater

Pendapat yang sama juga diungkap chef senior, Ragil Imam Wibowo. Saat dihubungi tim detikFood (6/1), ia menuturkan, "Sepertinya sah-sah saja mereka mau menggunakan chef (dari) Asia atau tidak. Karena makananannya merupakan terjemahan seorang Godon Ramsay terhadap makanan dari Asia. Jadi tidak ada salah dan benar dalam hal ini dan juga mungkin tujuannya adalah pasar non Asia."

Baca juga: Bercita-cita Jadi Pesepakbola, Gordon Ramsay Tak Pernah Mimpi Jadi Chef (dwa/odi)