Bercita-cita Jadi Pesepakbola, Gordon Ramsay Tak Pernah Mimpi Jadi Chef

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 12 Nov 2018 13:08 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Gordon Ramsay mengaku kalau sebenarnya ia tak ingin jadi celebrity chef. Cita-citanya dari kecil ialah ingin menjadi pemain sepakbola.

Siapa yang tak mengenal Gordon Ramsay. Chef asal Inggris ini dinilai sebagai chef paling terkenal di dunia. Ia meraih ketenarannya melalui kepiawaiannya mengolah makanan dan kritik pedas pada makanan kontestan di salah satu kontes masak bergengsi.

Meski begitu, cita-cita Ramsay yang sebenarnya bukanlah menjadi chef. Ia ternyata sangat menyukai sepakbola.

Bercita-cita Jadi Pesepakbola, Gordon Ramsay Tak Pernah Mimpi Jadi ChefFoto: Istimewa
"Saat remaja, saya tak pernah bermimpi jadi seorang chef. Saya sangat terobsesi dengan sepakbola, berenang, dan lari. Saya masuk ke Stratford High School. Saya pendukung Liverpool," ungkap chef yang kini berusia 52 tahun itu pada SCMP (10/11).

Lebih lanjut Ramsay menjelaskan kalau masa remajanya ia habiskan untuk bermain sepakbola. "Saya bermain sepakbola lima kali dalam seminggu. Saya berenang dan bermain sepakola mewakili daerah saya, saya juga bermain di Football Association Youth Cup. Jadi, saya memiliki masa kanak-kanak yang sibuk dan aktif," jelasnya.

Sayangnya ia mengalami cidera yang cukup parah. Sehingga meski dipaksakan, dirinya tak bisa bermain sepakbola seperti biasanya. Untuk itu, Ramsay memilih untuk meninggalkan dunia sepakbola.

Bercita-cita Jadi Pesepakbola, Gordon Ramsay Tak Pernah Mimpi Jadi ChefFoto: Istimewa
Baca juga: Dituduh Pura-pura Muntah, Gordon Ramsay Dituntut Restoran Ini

Ia pun mencoba peruntungan di bidang kuliner. Dimulai dengan bertemu dengan Marco Pierre White saat dirinya berusia 19 tahun. Ia melihat Marco membuat hidangan yang tersaji dengan cantik hanya dalam waktu 30 detik. Marco lantas menawari Ramsay untuk berkerja di sebuah restoran Prancis di London.

Ia lalu bekerja di restoran milik Guy Savoy di Paris saat berusia 22 tahun hingga mengantarkannya pada sang guru, mendiang Joël Robuchon. Sampai akhirnya Ramsay berhasil membuka restoran sendiri bernama Restaurant Gordon Ramsay di tahun 1998. Berkat keahliannya, restoran itupun meraih tiga bintang Michelin.

Bercita-cita Jadi Pesepakbola, Gordon Ramsay Tak Pernah Mimpi Jadi ChefFoto: Getty Images
Itulah yang mengantarkan Ramsay menjadi celebrity chef. Program pertamanya bernama Kitchen Nightmares di tahun 2004. Program itu diterima masyarakat Inggris dan cukup sukses. Meski tengah menjadi celebrity chef kenamaan, Ramsay ternyata tak pernah berniat ingin jadi celebrity chef.

"Saya tak pernah ingin menjadi chef di TV. Ada banyak chef yang tampil di TV tapi tak memiliki restoran karena mereka chef di TV dan sihirnya ada di bagian pengeditan dan itulah yang jadi momok bagi saya," ungkapnya.

Tapi dari sana, ia justru menyadari bahwa ia tak mungkin menyenangkan semua orang. Satu hal yang menurutnya penting, "Saya tahu bagaimana cara memasak dan itulah yang paling penting."

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Gordon Ramsay Tak Pernah Menyentuh Makanan di Pesawat





Tonton juga 'Gara-gara Adegan Ini, Gordon Ramsay Dituntut Sebuah Restoran':

[Gambas:Video 20detik]


Bercita-cita Jadi Pesepakbola, Gordon Ramsay Tak Pernah Mimpi Jadi Chef
(dwa/odi)