Dituduh Pura-pura Muntah, Gordon Ramsay Dituntut Restoran Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 21 Agu 2018 14:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Gordon Ramsay baru saja digugat oleh sebuah restoran Amerika. Setelah pihak restoran menuduh Gordon telah mendramatisir keadaan restoran tersebut.

Pada tahun 2011, celebrity chef sekaligus host Gordon Ramsay membintangi acara Kitchen Nightmares. Acara tersebut berfokus pada restoran yang diambang kehancuran, mulai dari makanannya yang tidak enak hingga pelayanan restoran yang buruk.

Baca Juga: Ini Tips Gordon Ramsay Agar Terhindar dari Restoran Buruk Ini Tips Gordon Ramsay Agar Terhindar dari Restoran Buruk
Dituduh Pura-pura Muntah, Gordon Ramsay Dituntut Restoran IniFoto: Istimewa
Dalam salah satu episode, Gordon berkunjung ke restoran Oceana Grill, di New Oerlans. Dilansir The Sun UK (19/08), Oceana Grill baru saja melayangkan gugatan kepada chef asal Inggris itu. Melalui akun Facebook miliknya, pihak Oceana Grill mengunggah potongan video dari episode Kitchen Nightmare tahun 2011.

Video itu menunjukkan Gordon tengah mengendus wadah udang, sambil berdiri di dapur restoran, sebelum akhirnya muntah ke tempat sampah karena baunya.

Rekaman itu juga menunjukkan pengunjung yang tidak puas dengan makanan pesanan mereka, serta Gordon yang menemukan jebakan tikus dengan tikus yang sudah mati di restoran itu.
Dituduh Pura-pura Muntah, Gordon Ramsay Dituntut Restoran IniFoto: Istimewa
Perusahaan restoran Oceana Grill, Cajun Conti, mengklaim bahwa adegan itu telah diatur dan didramatisir untuk menghadirkan drama. Sehingga penonton bisa melihat bahwa Gordon dapat membantu restoran yang kesulitan.

Pengacara dari perusahaan Cajun Conti awalnya mencoba untuk memblokir episode tersebut agar tidak tayang. Sehingga akhirnya mencapai kesepatakan bahwa Kitchen Nightmare tidak dapat memproduksi rekaman video itu, tanpa membayar sejumlah $10.000 (Rp. 146.000.000,-) ke pihak restoran.

Kitchen Nightmare juga harus menggunakan disclaimer yang menyatakan, bahwa rekaman dan episode itu tidak mewakili kondisi dapur restoran Oceana Grill saat ini.

Namun hal ini nampaknya dilanggar Kitchen Nightmares, setelah mereka mengunggah potongan video ini ke halaman Facebook.
Dituduh Pura-pura Muntah, Gordon Ramsay Dituntut Restoran IniFoto: Istimewa
"Selama syuting episode itu, tim Kitchen Nightmares berusaha keras untuk mendramatisir adegan bahkan mengarang masalah restoran, untuk menaikan rating. Rekaman itu secara sengaja menggambarkan Oceana dan karyawannya, dalam gambaran negatif," isi gugatan tersebut.

Hingga saat ini pihak Kitchen Nightmares maupun perwakilan Gordon Ramsay, belum memberikan tanggapan atas tuntutan ini.

Kitchen Nightmares sendiri berakhir pada tahun 2017, setelah mengudara selama 7 season. Meski digambarkan negatif, tapi Oceana Grill tetap populer hingga sekarang.

Baca Juga: Waduh! 2 Orang Luka Bakar Karena Minuman Berapi di Restoran Gordon Ramsay (sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com