5 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Asia Demi Dapatkan Kulit 'Bening'

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 15 Apr 2019 15:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Kulit yang bening dan bercahaya sangat didambakan orang Asia. Beberapa orang lakukan hal ini demi dapatkan kulit yang putih dan cerah.

Tidak semua orang dilahirkan dengan kulit yang sempurna. Beberapa dari kita perlu melakukan sesuatu untuk mendapatkan wajah yang cerah, bersih dan bercahaya. Dikutip dalam World of Buzz, berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan 'bening'.

1. Minum air lemon di pagi hari

5 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Asia Demi Dapatkan Kulit 'Bening'Foto: iStock

"Hanya jus lemon dan air. Tidak ditambah gula atau madu. Ibuku adalah orang yang membuatkan minuman ini untukku setiap pagi, meskipun aku tak suka karena sangat asam. Tapi ini membuat wajahku sehat tak berjerawat," jelas Su Xian, 21 tahun.

Minum air saat bangun tidur juga dapat mendorong kesehatan bagi tubuh dan juga menghidrasi tubuh. Minum air di pagi hari bisa membantu mengeluarkan racun dan memulai metabolisme tubuh. Tambahkan perasan lemon ke dalamnya untuk menambahkan dosis vitamin C yang baik.

Lemon juga mengandung senyawa yang dikenal dengan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan di dalamnya. Sifat antioksidannya bisa mendorong sirkulasi darah seta mengurangi stres oksidatif dan kerusakan sel.

Baca juga: Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan Kencang

2. Menggunakan masker charcoal

5 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Asia Demi Dapatkan Kulit 'Bening'Foto: Istock


Charcoal atau arang aktif tidak hanya bisa digunakan untuk pewarna hitam alami makanan. Charcoal juga sering digunakan sebagai masker. "Banyak orang menggunakan masker untuk memanjakkan diri dan kulit untuk membuat wajah segar dan bersih," tutur Khue Erne, 20 tahun.

3. Konsumsi kacang kedelai

5 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Asia Demi Dapatkan Kulit 'Bening'Foto: Istock

"Saya biasa memesan minuman berkarbonasi ketika sedang ada di kafe atau restoran. Karena minuman ini sangat tinggi gula dan gasnya, perut saya selalu merasa tidak nyaman setelah makan. Namun setahun terakhir ini saya beralih ke sari kacang kedelai. Setelah konsumsi ini, selain tidak mengalami masalah perut namun juga wajah lebih kenyal dan sehat," jelas Chow, 28 tahun.

Ada banyak penelitian tentang kedelai dan ternyata banyak punya manfaat. Alasan mengapa kacang kedelai sangat baik untuk kulit karena kacang kedelai mengandung isoflavon yang dapat meniru atau memblokir estrogen dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita dewasa yang mengonsumsi kedelai selama 8-12 minggu dapat membantu kurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit. Studi lain juga menemukan kalau kedelai dapat meningkatkan kolagen pada wanita pasca-menopause. Tapi yang harus diperhatikan jangan konsumsi sari kacang kedelai yang manis.

4. Konsumsi makanan India

5 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Asia Demi Dapatkan Kulit 'Bening'Foto: Istimewa

"Aku suka makanan India. Terutama dibuat dengan kunyit, susu, rempah-rempah dan yogurt. Semua bahan ini sangat baik untuk kulit dan juga bikin rasanya enak. Namun hindari makanan yang digoreng karena dapat membuat kulit kusam dan kering," ungkap Brian, 28 tahun.

Rempah-rempah seperti kunyit dan adas memiliki sifat anti inflamasi dan juga dapat merevitalisasi kulit.

5. Minum air tiga liter

5 Cara Ini Sering Dilakukan Orang Asia Demi Dapatkan Kulit 'Bening'Foto: Istimewa

"Saya memiliki kulit yang bagus. Tetapi ketika saya mulai bekerja, jerawat mulai muncul dan mengonsumsi tiga liter air sehari ketika kerja ini benar-benar sangat membantu," tutur lee, 26 tahun.

Air dapat membantu hidrasi tubuh. Kulit kita terdiri dari sel-sel yang terdiri dari air. Dengan konsumsi banyak air, kulit pun akan tetap lembab sepanjang hari.

Baca juga: Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami Ini (lus/odi)