Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami Ini

Riska Fitria - detikFood Minggu, 14 Okt 2018 10:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kulit yang kencang, bersinar dan bebas jerawat juga ditentukan oleh asupan gizi. Makanan alami bisa dikonsumsi untuk menjaga kulit sehat.

Selain melakukan perawatan rutin dari luar, kulit yang sehat sangat ditentukan oleh asupan nutrisi yang baik untuk kulit. Banyak makanan alami yang enak dan mudah didapat yang mampu menjaga kulit kencang, bersinar dan mulus. Seperti 7 makanan yang direkomendasikan oleh Nutrious Life ini. Dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Baca juga : Manfaatkan 7 Bahan Alami Ini untuk Dapatkan Kulit Mulus dan Cerah

1. Alpukat

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: iStock
Kandungan alpukat seperti vitamin B dan vitamin E berkerja meningkatkan produksi kolagen. Buah yang creamy ini kayak akan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menjaga lapisan kulit supaya tetap lembab. Olah alpukat sebagai campuran salad, olesan roti atau smoothies tetapi jangan menambahkan banyak gula.

2. Melon

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: Istock
Melon berwarna jingga ini sangat cocok dikonsumsi saat udara panas. Musim kemarau membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Buah renyag dan manis ini bisa memberikan vitamin A untuk membuat kulit bersinar. Potong-potong melon, nikmati sebagai buah segar atau bekukan sebagai campuran smoothies.

3. Matcha

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: lip balm
Konsumsi matcha, teh hijau bubuk dari Jepang bisa jadi cara terbaik untuk tetap menghidrasi kulit dan berkhasiat antiinflamasi. Hidrasi yang tepat, bisa mencegah kulit yang mengering. Mampu mengganti sel kulit yang mati dan mencerahkan kulit. Selain teh hijau, teh hitam juga bisa dijadikan pilihan kedua. Disarankan untuk diseduh tanpa pemanis.

4. Jamur

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: Istimewa
Selain lezat, jamur juga bisa menyehatkan kulit. Jamur mengandung vitamin B6, niacin, riboflavin, zet besi, kalium dan selenium yang semuanya sangat dibutuhkan oleh sel-sel kulit.

Ternyata konsumsi jamur untuk kulit yang sehat dan bersinar, sidah dilakukan sejak zaman kuno. Selenium yang terkandung di dalamnya bisa melindungi sel-sel kulit baru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Jamur enak dibuat tumisan, campuran sup atau salad.

5. Ikan Salmon

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: Istock
Salmon dikenal memiliki sederet manfaat kesehatan. Salah satunya membuat kulit bersinar. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon bisa mengatasi kulit keruput, mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan kolagen.

Konsumsi ikan salmon dalam keadaan seagar, dipanggang atau dijadikan campuran salad dan sup.

6. Kunyit

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: iStock
Kunyit merupakan rempah tradisonal yang bewarna kuning pekat. Kunyit mengandung curcuminoids, yang merupakan fitokimia antioksidan. Antioksidan tersebut bisa memerangi radikal bebas yang menyerang kulit.

Selain itu, kunyit juga meningkatkan elastisitas kulit, sehingga bisa mencegah kerutan dan bitnik-bintik penuaan. Konsumsi sebagai racikan bumbu, jamu atau tambahkan pada telor, smoothie dan kopi.

7. Telur Kampung

Kulit Kencang dan Mulus Bisa Didapat dengan Konsumsi 7 Makanan Alami IniFoto: Istock
Telur ayam kampung kaya akan seng yang penting untuk mengontrol kandungan minyak pada kulit dan meminimalkan jerawat. Kandungan tersebut juga penting dalam pembentukan kolagen yang membentuk jaringan kulit. Telur sangat mudah diolah, baik digoreng biasa atau diorak-arik. Anda bisa konsumsi setiap hari saat sarapan.

Baca juga : 15 Makanan Enak yang Bisa Bikin Kulit Sehat dan Cerah (dwa/odi)