Restoran Unik di China Ini Hanya Pekerjakan Pelayan Tunarungu

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu restoran di China, menawarkan kesempatan bagi orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran. Di sini mereka bisa bekerja sebagai pelayan.

Berlokasi di wilayah Beijing, restoran 'Forgive Barbecue' menarik banyak perhatian dari pengunjung. Setelah mereka mempekerjakan orang-orang tunarungu, sebagai pelayan yang melayani pesanan pengunjung menggunakan kartu.

Baca Juga: Restoran di Gaza Ini Memperkerjakan Penyandang Tuna Rungu
Restoran Unik di China Ini Hanya Pekerjakan Pelayan TunarunguFoto: Istimewa
Restoran ini awalnya dibentuk oleh sang pemilik, bernama Lu Lu. Lu Lu memutuskan untuk beralih pekerjaan dari merawat anak-anak dengan kebutuhan khusus, ke proyek yang melibatkan penyandang disabilitas.

"Di China, banyak anak-anak dengan disabilitas tidak bisa menemukan pekerjaan setelah mereka tumbuh dewasa. Sehingga saya memutuskan untuk membuka restoran, bukan untuk mengejar keuntungan semata. Tapi untuk membantu mereka membangun psikologis, serta rasa memiliki," tutur Lu Lu dilansir dari Latestly (08/05).

Sebelum mulai kerja semua pelayan yang memiliki kisaran usia dari 20-30 tahun, sudah mengikuti pelatihan lebih dulu. Di sana mereka diajarkan cara melayani pengunjung, juga cara meningkatkan kepercayaan diri mereka.
Restoran Unik di China Ini Hanya Pekerjakan Pelayan TunarunguFoto: Istimewa
Cara pelayanannya juga unik. Di dalam restoran, terdapat banyak poster tentang cara memesan makanan di sana, cara meminta tagihan, hingga memanggil pelayan. Semuanya dilengkapi dengan gambar gerakan tangan dan jari, untuk bahasa isyarat yang dimengerti para pelayan.

Sementara itu di bagian dinding restoran, terdapat banyak kertas berwarna merah muda, untuk pengunjung menyampaikan rasa terima kasih kepada pelayan. Cara ini sengaja dibuat, agar para pengunjung bisa berkomunikasi dengan para pelayan yang memiliki gangguan pendengaran.

"Teman saya yang memberitahu tentang restoran ini. Di restoran ini selalu banyak pengunjung dan restorannya selalu laris," tutur pelayan bernama Cao, yang berkomunikasi dengan pengunjung menggunakan bahasa isyarat.

Restoran ini juga dilengkapi dengan kepala pelayan bernama Xing Fangyuan. Xing memiliki pendengaran yang normal, ia bertugas untuk menyelesaikan kendala di antara pengunjung dan pelayan saat memesan makanan.
Restoran Unik di China Ini Hanya Pekerjakan Pelayan TunarunguFoto: Istimewa
"Awalnya saya tidak tahu bagaimana caranya bekerja dengan mereka, tapi kini saya mulai belajar sedikit demi sedikit," tutur Xing yang sebelumnya sudah belajar bahasa isyarat.

"Semua makanan yang disajikan di sini sangat enak, dan pelayanannya sangat bagus. Saya tidak menyadari adanya perbedaan antara restoran ini dengan restoran lainnya," tutur salah satu pengunjung yang dilayani oleh pelayan tunarungu.

Lu sendiri berharap dapat membuka cabang restoran lainnya di Beijing, untuk membantu para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Sungguh Istimewa! Pengunjung Kafe Ini Dilayani Penyandang Tunarungu dan Tunawicara (sob/odi)