Yang Enak di Bogor

Jalan-jalan di Bogor Jangan Lupa Mampir ke Resto Lesehan khas Sunda

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 07 Apr 2019 11:09 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor
Jakarta - Kota Bogor punya suasana yang sejuk dan cocok dijadikan tempat berwisata. Kota ini juga punya banyak restoran lesehan khas Sunda, yang wajib untuk dicoba.

Lesehan sambil menatap pemandangan alam yang sejuk, ditambah dengan hidangan khas tanah Pasundan memang tidak pernah membuat bosan. Di Bogor, banyak restoran dengan hidangan khas Sunda, yang menyuguhkan konsep lesehan nyaman.


1. Restoran Gurih 7

Jalan-jalan di Bogor Jangan Lupa Mampir ke Resto Lesehan khas SundaFoto: Lusiana Mustinda/detikFood
Restoran Gurih 7 terletak di wilayah jalan raya Pajajaran. Di sini konsepnya lesehan, dan memiliki lebih dari 60 saung untuk menampung para pengunjung yang ingin menyantap hidangan, dengan pemandangan kolam ikan dan pepohonan.

Untuk menu makanannya, ada paket nasi timbel komplet, yang disajikan dengan ayam bakar dan sambal merah. Lalu tersedia juga nasi liwet, dan aneka sayur-sayuran yang tak kalah enak. Tersedia juga aneka menu seafood.

Baca Juga: Gurih 7: Raos Pisan! Ayam Goreng Basah Khas Sunda yang Gurih Lembut


2. Saung Kuring
Jalan-jalan di Bogor Jangan Lupa Mampir ke Resto Lesehan khas SundaFoto: Instagram
Letaknya di wilayah Bogor Outer Ring Road, restorannya luas. Memiliki banyak lesehan saung yang berdiri di atas kolam ikan. Konsep restoran ini, memang untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga.

Spesial menunya ada aneka sajian seafood, seperti udang bakar, gurame terbang, cumi goreng tepung, tahu kremes, hingga aneka sayuran yang dilengkapi dengan sabal cobek super pedas. Terdapat juga arena bermain anak kecil yang tak kalah menarik.


3. Rumah Air Bogor

Jalan-jalan di Bogor Jangan Lupa Mampir ke Resto Lesehan khas SundaFoto: Istimewa
Kalau sedang mencari restoran keluarga dengan pemandangan alam yang asri. Mampir saja ke restoran Rumah Air Bogor, yang ada di wilayah Bogor Selatan. Di sini, saungnya berdiri di atas kolam ikan, jadi saat makan bisa sambil melihat ikan.

Menu yang ditawarkan tak sebatas hidangan khas Sunda saja, ada aneka makanan Indonesia lainnya, hingga makanan western. Kalau kemari bisa coba udang bakar madu, sup ikan nila, hingga gurame goreng terbang yang renyah gurih.


4. Bukit Air Resto

Jalan-jalan di Bogor Jangan Lupa Mampir ke Resto Lesehan khas SundaFoto: Istimewa
Restoran yang satu ini letaknya sudah ada di ujung kota Bogor, tepatnya di wilayah Ciomas. Konsepnya memang lesehan, tapi para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sawah hijau, dan Gunung Salak yang berkabut.

Saungnya juga dilengkapi dengan kolam ikan, dan aksen bambu cokelat yang nyaman. Untuk menu makanannya ada paket nasi liwet komplet, yang disajikan di atas daun pisang, lengkap dengan lauk ayam bakar, tahu tempe, sambal, hingga ikan goreng.


5. Desa Sawah Restoran

Jalan-jalan di Bogor Jangan Lupa Mampir ke Resto Lesehan khas SundaFoto: Istimewa
Sesuai namanya, restoran yang satu ini letaknya ada di tengah sawah yang hijau. Semilir angin sejuk, akan menyambut setiap pengunjung yang datang sambil menikmati hidangan kuliner khas Sunda yang enak.

Kalau ke sini bisa cicip ikan gurame asam manis, ayam goreng kampung, tumis kangkung, hingga karedok. Tak lupa setiap makanan disajikan dengan lalapan segar, dan nasi putih hangat.

Baca Juga: Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat Stasiun (sob/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor