Yang Enak di Bogor

Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat Stasiun

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 04 Apr 2019 18:10 WIB
Foto: detikfood
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor
Bogor - Bogor punya stasiun kereta yang besar, dan setiap harinya dipenuhi ribuan penumpang. Tak jauh dari stasiun, banyak jajanan enak khas Bogor yang wajib dicoba.

Dekat dengan Jakarta dan sekitarnya, Bogor bisa jadi alternatif wisata yang menarik. Di sekitar stasiun kereta Bogor, banyak kuliner enak yang menarik untuk dicoba. Dengan harga yang cukup terjangkau, makan di sekitar stasiun juga mengenyangkan.


1. Doclang 405

Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat StasiunFoto: detikfood
Bagi warga Bogor, doclang merupakan hidangan legendaris yang enak dan mengenyangkan. Doclang merupakan kupat tahu, yang diberi irisan kentang goreng, tahu kuning goreng, telur rebus, dan saus kacang yang gurih serta kerupuk.

Meski doclang bisa ditemui hampir di setiap sudut kota Bogor, tapi ada Doclang 405 yang cukup populer. Letaknya dekat Jembatan Merah, dan buka selama 24 jam. Setiap harinya bisa laku sampai 200 porsi. Untuk kisaran harga cukup mengeluarkan Rp 12.000 saja.

Baca Juga: Pagi-pagi Enaknya Sarapan Doclang Murah dan Mantap di Jembatan Merah


2. Toge Goreng Pak Gebro

Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat StasiunFoto: detikFood
Tak jauh dari Stasiun Bogor, ada Pasar Anyar yang menjual berbagai kebutuhan mulai dari bahan makanan, kain, hingga kuliner legendaris. Salah satunya Toge Goreng Pak Gebro. Kalau berkunjung ke Bogor, rasanya kurang lengkap jika tak cicip hidangan yang satu ini.

Meski mirip dengan toge goreng lainnya, tapi cita rasa racikan milik Pak Gebro ini tidak pernah kehilangan pelanggan setianya. Seporsi toge goreng berisi mie kuning, ketupat, tauge rebus, irisan tahu goreng, dan disiram dengan bumbu tauco yang masih hangat. Di sini juga terkenal es pala yang manis segar. Seporsi toge goreng hanya Rp 15.000 saja.


3. Mie Kocok Pak Husen Jembatan Merah

Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat StasiunFoto: Istimewa
Keluar dari Stasiun Bogor, ada mie kocok buatan Pak Husen yang legendaris dan selalu diburu para pengunjung. Di sini mie kocok tidak hanya disajikan dengan potongan daging sapi atau kikil. Tapi dilengkapi dengan bakso kenyal gurih.

Kuahnya juga enak, dengan tambahan dari bawang goreng dan seledri. Kalau suka pedas, jangan lupa tambah sambal rawit yang banyak. Agar rasanya semakin lezat dan nendang. Kisaran harganya sekitar Rp 25.000.


4. Asinan Bogor

Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat StasiunFoto: dok. detikFood
Jika sedang ingin ngemil, bisa mampir ke Asinan Bogor. Salah satu toko asinan yang letaknya dekat dengan Stasiun Bogor. Ciri khas asinan Bogor, terletak pada cuka asam, yang dicampur dengan tambahan cabe merah giling.

Untuk pilihannya ada asinan buah, dan asinan sayur. Untuk penggemar pedas, bisa tambah sambal rawit sesuai selera. Kisaran harganya mulai Rp 15.000 saja.


5. Soto Mie Bogor

Naik Kereta ke Bogor, Jangan Lupa Jajan Enak di Dekat StasiunFoto: Instagram
Di dekat stasiun kereta Bogor, ada Taman Ade Irma Suryani. Di sini punya banyak kuliner enak, salah satunya Soto Mie Bogor.

Satu porsi soto mie Bogor biasanya dibanderol dengan harfa Rp 15.000 tanpa nasi. Biasanya para pedagang mulai berjualan dari jam 10 pagi hingga sore hari. Ini juga jadi makanan favorit, bagi orang-orang yang turun dari kereta.

Baca Juga: Mencicip Soto Kuning Paling Enak yang Hangat di Kota Hujan (sob/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor