Tanpa Disadari, 7 Kecelakaan Ini Bisa Terjadi Saat Makan

Shara Azzhara - detikFood Minggu, 07 Apr 2019 07:41 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski bukan aktivitas membahayakan, saat makan pun mungkin terjadi kecelakaan. Mulai dari tersedak hingga menelan sesuatu yang tidak seharusnya.

Melakukan berbagai aktivitas memang membutuhkan konsentrasi dan ketelitian. Jika tidak, bisa jadi hal itu malah membahayakan dan mencelakai Anda. Termasuk dalam urusan makan. Siapa sangka, hasil penelitian menemukan kesalahan saat makan dapat menimbulkan kecelakaan atau cedera. Berikut beberapa cedera yang dapat terjadi saat makan dan minum seperti diinformasikan Live Strong (5/4).

Baca juga: Tahun Lalu 2,300 Orang Terluka di Amerika Serikat Gara-gara Pizza

1. Menelan bulu sikat kawat
Dalam rentan tahun 2012 hingga 2014 terdapat hampir 1.700 orang masuk rumah sakit karena tidak sengaja menelan bulu sikat kawat panggangan. Bulu sikat ini tersangkut di panggangan saat proses pembersihan hingga akhirnya menempel di daging. Menurut Profesor David Chang dari sekolah medis MU, benda asing ini dapat masuk ke dalam tubuh tanpa terdeteksi dan bersarang di organ dalam tubuh hingga menimbulkan rasa sakit dikemudian hari.

Tanpa Disadari, 7 Kecelakaan Ini Bisa Terjadi Saat MakanFoto: iStock

2. Gangguan pencernaan akibat protein
Banyak orang gemar mengonsumsi minuman protein untuk meningkatkan kesehatan. Namun sebuah kasus tahun 2015 melaporkan pria berusia 35 tahun mengalami nyeri di perut hingga muntah terus menerus. Hasil diagnosa dokter menunjukan bahwa pasiennya telah mengonsumsi 4 porsi minuman berprotein. Ternyata minuman tersebut mengandung bubuk kasein, protein yang lambat dicerna dan menghasilkan bezoar lambung. Bezoar pada dasarnya berupa massa keras dari bahan yang tidak bisa dicerna yang biasanya terbentuk di perut, kata ahli pencernaan, Saurabh Sethi, M.D.. Untuk mengatasinya, minumlah minuman berkarbonasi untuk menyusutkan protein dalam perut.

3. Tersedak biji chia
Biji chia merupakan sumber serat, omega-3 dan omega-6 yang baik bagi tubuh. Makanan ini memiliki tekstur kering yang akan menyerap cairan. Cara mengonsumsinya perlu diperhatikan khusus. Biji chia tidak boleh dimakan langsung tanpa direndam karena ia mampu menyerap cairan 27 kali dari massa aslinya. Sehingga jika dikonsumsi langsung, akan menyerap cairan di dalam tubuh dan tersangkut di dalam organ pencernaan.

Baca juga: Ini 9 Makanan yang Sering Bikin Orang Tersedak (1)

Tanpa Disadari, 7 Kecelakaan Ini Bisa Terjadi Saat MakanFoto: thinkstock

4. Menelan tusuk gigi
Anda pasti beranggapan bahwa tidak mungkin menelan tusuk gigi karena akan menyadarinya. Namun faktanya, dari 136 kasus tersedak tusuk gigi, setengah dari korban tidak menyadari masuknya tusuk gigi ke dalam tubuh. Hal ini baru diketahui setelah dokter melakukan tindakan CT scan atau endoskopi. Benda kecil ini tidak boleh dianggap sepele, karena serat bambu yang terlepas dari tusuk gigi dapat melukai organ dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Para dokter berpendapat bahwa makan dan minum terburu-buru menyebabkan Anda tidak menyadari masuknya tusuk gigi saat menggunakannya. Karenanya direkomendasikan untum makan dan minum dengan lebih pelan.

5. Steakhouse Syndrome
Setelah menyantap steak yang lezat, Anda mungkin merasa ada sisa daging bukan di tenggorokan melainkan kerongkongan. Ini merupakan hal yang umum terjadi dan disebut dengan steakhouse syndrome oleh para dokter. Daging yang menyangkut di kerongkongan tidak akan menyumbat pernafasan namun akan memberikan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus, makanan akan terdorong oleh otot untuk kembali ke salurannya. Jika makanan masih menyangkut dalam waktu yang lama, segeralah hubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Tanpa Disadari, 7 Kecelakaan Ini Bisa Terjadi Saat MakanFoto: iStock

6. Sakit kepala
Thunderclap headache merupakan sakit kepala yang rasanya seperti tersambar petir. Gejala ini dapat terjadi saat memakan makanan yang terlampau pedas dan mengejutkan syaraf. Rasa sakit kepala akan terasa di sekitar kepala dan leher bahkan disertai muntah dan kebas. Dalam kondisi tertentu, hal ini dapat mendatangkan risiko stroke karena kejutan yang kuat. Karenanya lebih baik mengetahui lebih dahulu toleransi kepedasan sebelum menyantap makanan pedas.

7. Tersedak duri ikan
Tersedak tulang halus di dalam ikan merupakan kecelakaan makan yang paling umum terjadi. Menurut seorang dokter, Dr. Gillespie, "Pada kebanyakan orang yang menelan duri halus ikan, itu akan mengiritasi jaringan saat melalui tenggorokan dan kerongkongan sebelum akhirnya keluar dari pencernaan. Atau jika tidak tertelan, tulang kecil akan tersangkut di belakang mulut atau dibawah tenggorokan. Hal ini akan mengakibatkan nyeri saat menelan dan bernafas. Hubungilah dokter untuk pertolongan mengeluarkan duri ikan dari mulut atau pencernaan."

Baca juga: Tersedak Bungkus Obat Bersarang di Tenggorokan Wanita Ini Selama 17 Hari


(adr/adr)