Tahun Lalu 2,300 Orang Terluka di Amerika Serikat Gara-gara Pizza

Sonia Basoni - detikFood Senin, 10 Sep 2018 13:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebagai makanan yang digemari di seluruh dunia, ternyata pizza juga sering menimbulkan cidera. Lebih dari 2000 orang mengunjungi UGD karena makanan tersebut.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengapa pizza bisa melukai ribuan orang. Namun menurut sebuah data dari akun Twitter @USCPSC dengan judul 'Pizza: Tales of Betrayal'. Lebih dari 2.300 orang di Amerika dilarikan ke unit gawat darurat, karena kejadian yang berhubungan dengan pizza.

Baca Juga: Heroik! Petugas Damkar Ini Gantikan Petugas Layan Antar Pizza
Tahun Lalu 2,300 Orang Terluka di Amerika Serikat Gara-gara PizzaFoto: iStock
Kecelakaan tersebut meliputi luka karena potongan pisau pizza, luka bakar ketika memanggang pizza, jatuh ketika membuat pizza, hingga cidera karena mengambil pizza dari restoran. Ada juga kasus kecelakaan setelah jatuh dari tempat tidur, karena berusaha mengambil pizza.

Dilansir Munchies (08/09), setiap tahunnya CPSC, atau lembaga perlindungan konsumen di Amerika Serikat menghimpun data. Meliputi kecelakaan, atau luka yang disebabkan oleh berbagai macam produk konsumen. Mereka mengompilasi semua data di National Electronic Injury Surveillance System (NEISS).

"Pizza merupakan contoh kasus yang jelas. Badan pengawas Obat dan Makanan (FDA) jelas mengatur tentang makanan, tetapi kita menemukan bahwa banyak kecelakaan berhubungan dengan pizza dari diskripsi luka yang kita terima dari rumah sakit. Dari laporan ini, kita bisa menjumlahkan perkiraan cedera," jelas Joe Galbo, selaku perwakilan dari CPSC.
Tahun Lalu 2,300 Orang Terluka di Amerika Serikat Gara-gara PizzaFoto: iStock
CPSC telah menerima 63 laporan kecelakaan yang berhubungan dengan pizza tahun lalu. Diperkirakan setidaknya ada 2.300 kasus kecelakaan pizza di Amerika Serikat pada tahun tersebut.

Meski jumlah itu terdengar banyak, tapi pizza rupanya bukan satu-satunya makanan yang menyebabkan kasus kecelakaan. Menurut CPSC setidaknya ada 24,082 kasus kecelakaan yang berhubungan dengan panggangan BBQ dan kompor.
Tahun Lalu 2,300 Orang Terluka di Amerika Serikat Gara-gara PizzaFoto: iStock
Sementara tingkat kecelakaan dari memasak dan penggunaan oven mencapai 57,082 kasus. Termasuk kecelakaan ketika memasang dekorasi pesta atau liburan, yang berada di angka 23,279 kasus.

"Kami menghabiskan banyak waktu untuk mendorong konsumen agar lebih hati-hati, ketika melakukan sesuatu. Karena hal yang sepele, bisa memiliki akibat yang fatal," pungkas Joe.

Baca Juga: Saat Konflik Perang, di Penjara dan Menganggur, Pizza Tetap Jadi Favorit di Dunia

(sob/odi)