Tersedak Bungkus Obat Bersarang di Tenggorokan Wanita Ini Selama 17 Hari

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 12:33 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Karena tidak teliti sebelum meminum obat. Wanita ini tersedak bungkus plastik obat yang kemudian bersarang selama 17 hari, di dalam tenggorokannya

Seorang wanita asal Irlandia Utara harus dilarikan ke rumah sakit, setelah dikabarkan meminum pil obat jenis Tramadol di tengah malam, dan lupa membuka bungkus plastik obat tersebut. Wanita yang identitasnya dirahasiakan ini awalnya terbangun dengan rasa sakit di bagian tenggorokannya, dan ia mulai mengalami kesulitan menelan.

Baca Juga: Wah, Lidah Bocah 8 Tahun Ini Tersangkut Di Mulut Botol!
Tersedak Bungkus Obat Bersarang di Tenggorokan Wanita Ini Selama 17 HariFoto: Istimewa
Akan tetapi dokter spesialis THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan) yang dikunjunginya, mengatakan bahwa mereka tidak menemukan adanya tanda-tanda kesulitan bernafas, atau rasa nyeri ketika wanita ini menggerakan lehernya.

Lewat pemeriksaan sinar x-ray, dokter memang menemukan adanya memar di rongga tenggorokannya yang kemungkinan disebabkan dari ujung tajam kemasan pil, tapi tidak ditemukan benda aneh.

Sehingga dokter mengatakan bahwa kondisinya baik-baik saja, dan disarankan untuk kembali lagi beberapa hari kemudian jika tidak ada perubahan. Karena merasa tidak ada perubahan, akhirnya tiga hari kemudian wanita ini kembali ke rumah sakit, dan diberi obat penghilang rasa sakit.
Tersedak Bungkus Obat Bersarang di Tenggorokan Wanita Ini Selama 17 HariFoto: Istimewa
Meski rasa sakit di tenggorokannya sempat hilang, akhirnya dia kembali lima hari kemudian karena keluhan di tenggorokannya kembali. Setelah melakukan pemeriksaan sinar x-ray sekali lagi, dokter tetap tidak menemukan adanya benda aneh di tenggorokanya.

Tapi setelah dilakukan pemeriksaan yang lebih serius, dokter terkejut ketika menemukan pil Tramadol yang masih utuh lengkap dengan kemasannya yang tersangkut di tenggorokan wanita itu. Ternyata pil dan bungkusan plastik itu sudah berada di sana selama 17 hari.

"Dia sudah menelan pil Tremadol lengkap dengan bungkusnya, yang tersangkut di bagian tenggorokan atas," tutur dokter yang menangani kasusnya lewat laporan BMJ Case Reports dilansir dari Oddity Central (23/01).

Setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan tindakan medis, akhirnya pil dan bungkus obat ini berhasil dikeluarkan dari tenggorokannya dengan aman. Anehnya, wanita ini tidak pernah menyadari menelan pil itu bersama dengan kemasannya.
Tersedak Bungkus Obat Bersarang di Tenggorokan Wanita Ini Selama 17 HariFoto: Istimewa
"Saya tidak tahu bahwa saya menelan semua ini. Selama tiga minggu ini saya merasa sangat takut, dan ketika saya melihat foto hasil pemeriksaan saya masih tidak percaya," pungkas wanita tersebut.

Kejadian seperti ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya seorang pria asal China harus menjalani operasi, setelah ia menelan sendok berukuran besar yang tersangkut di tenggorokannya selama satu tahun.

Baca Juga: Telan Sendok Demi Taruhan, Sendok Tersangkut di Tenggorokan Selama Setahun (sob/odi)