Yang Enak di Bogor

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis Segar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 04 Apr 2019 14:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor
Bogor -

Jalan-jalan ke Bogor jangan lupa mencicip ragam es enak. Ada yang namanya 'sekoteng' meski tak pakai jahe sampai es 'bir' kocok.

Penggemar es bisa puaskan selera saat mengunjungi Kota Hujan. Pilihan esnya bukan es biasa tetapi ragam es unik yang dijamin mampu segarkan tenggorokan. Yuk, cicip!

Baca Juga: Slruup! Asam Manis Es Mangga Muda khas Bogor

1. Yung Bangka Es

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: Instagram yungbangkaesbogor
Rumah makan di kawasan Jalan Jend. Sudirman, Sempur ini terkenal dengan racikan es serutnya yang legendaris. Kabarnya Yung Bangka Es sudah berjualan puluhan tahun meski telah pindah tempat beberapa kali.

Semangkuk es serut berisi alpukat, cincau, cendol, kolang-kaling, kelapa, dan nangka. Pelengkapnya adalah tape ketan lalu diguyur gula cair dan susu kental manis. Selain es serut, banyak orang merekomendasikan mie yamin buatan Yung Bangka Es yang nikmat.

2. Es Pala Pak Ujang

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: dok. detikFood
Yang juga khas Bogor adalah es pala. Sesuai namanya, es ini diracik dari serutan buah pala sebagai bahan utamanya. Buah pala lalu dicampur air gula. Es pala dijajakan di beberapa rumah makan, salah satunya di Toge Goreng Pak Gebro, Pasar Anyar. Harganya Rp 6.000 saja.

Untuk racikan es pala terkenal ada di Gang Aut, Jalan Suryakencana. Namanya "Es Pala Pak Ujang" yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Ketika menyeruput es pala akan tercecap paduan rasa unik antara manis, pedas, dan sedikit pahit di akhir cecapan.

3. Es Bir Kocok Abah Acep

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: Istimewa
Masih di kawasan Jalan Suryakencana, ada es bir kocok yang menarik perhatian. Disebut bir karena tampilan minuman ini kecokelatan layaknya bir. Saat dikocok pun mengeluarkan buih busa.

Adalah Abah Acep yang memperkenalkan racikan es unik ini di tahun 1965. Es bir kocok diracik dari jahe, kayu manis, cengkeh, dan gula aren. Selain menyegarkan, racikan es bir kocok juga baik untuk kesehatan karena mampu menangkal masuk angin dan menjaga stamina.

4. Es Bubur Rahat Cafe

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: Istimewa
Rahat Cafe di Jalan Malabar 2 terkenal dengan racikan es buburnya. Bukan bubur nasi, es di sini teksturnya seperti bubur karena dibuat dari yogurt dan es krim yang dicampur jadi satu. Tersedia dalam pilihan rasa strawberry dan vanilla.

Es makin menyegarkan karena ditambahkan potongan buah beku di dalam. Selain es bubur, Rahat Cafe juga menawarkan es palsu alias pala susu yang jadi favorit banyak pengunjung.

5. Es Sekoteng Bogor Permai

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: dok. detikFood
Racikan es ini tak lain adalah es oyen yang terkenal di Bandung. Es sekoteng tidak hangat dan dibuat tanpa air jahe. Tampilannya lebih seperti es campur biasa.

Isiannya ada biji delima sagu, alpukat, kelapa muda dan kolang-kaling. Airnya merupakan air gula dengan siraman susu kental manis. Es sekoteng enak bisa ditemui di Jalan Sawojajar, tepatnya di pusat jajanan samping toko roti Bogor Permai.

Baca Juga: Slurrp! Segar Manis Es Sekoteng Berisi Biji Delima dan Kelapa Muda

6. Es mangga muda

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: gemoelairesto
Di tempat es pala, beberapa penjual juga menjajakan es mangga yang khas kota Hujan. Es ini dibuat dari serutan mangga muda kemudian ditambahkan air gula dan es batu.

Cita rasanya asam dan manis mirip asinan sehingga cocok diminum saat udara panas. Nah, kalau galau mau coba es pala atau es mangga, bisa coba paduan antara es pala dan es mangga.

7. Es cincau hijau

Slurpp! Bogor Punya 7 Es Unik yang Manis SegarFoto: Istimewa


Foto: dok. detikcom
Es cincau hijau umumnya dijual menggunakan gerobak di beberapa tempat di Bogor. Seperti di Jalan Suryakencana dimana ada penjaja es cincau hijau plus kelapa muda. Rasanya manis alami karena ditambahkan gula aren.

Sementara penjual es cincau hijau ternama ada di Jalan Pajajaran. Nama penjualnya adalah Nanang yang sempat viral karena menguasai 4 bahasa asing.

Baca Juga: Mr Nanang, Penjual Cincau di Bogor yang Jago 4 Bahasa Asing

(adr/odi)
FOKUS BERITA Yang Enak di Bogor