Manis Segar Es Campur

Slurrp! Segar Manis Es Sekoteng Berisi Biji Delima dan Kelapa Muda

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 24 Mar 2018 11:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur
Jakarta - Meski namanya sekoteng, es yang satu ini tidak hangat dan dibuat tanpa air jahe. Rasanya justru manis menyegarkan dengan isian biji delima sagu dan kelapa muda.

Es sekoteng adalah nama lain dari es oyen yang terkenal di Bandung. Penamaan sekoteng konon karena es ini memakai biji delima sagu atau sagu mutiara sebagai salah satu isiannya.

Sementara nama oyen kabarnya berasal dari nama penjual es ini pertama kali di Bandung. Tapi ada juga yang mengaitkan oyen dengan kicauan burung perkutut milik si penjual es.

Es sekoteng begitu legendaris di Bandung. Es ini awalnya hanya dijual di pinggir jalan yaitu di Jl. Bungsu atau yang kini dikenal dengan nama Jl. Veteran Bandung. Biasanya penjaja es sekoteng juga menjual siomay sebagai makanan pendampingnya.
Slurrp! Segar Manis Es Sekoteng Berisi Biji Delima dan Kelapa MudaFoto: Istimewa
Baca Juga: 5 Jajanan Es Jadul Gerobakan Ini Selalu Menggoda, Mana Favoritmu?

Racikan es sekoteng terdiri dari biji delima sagu, alpukat, kelapa muda dan kolang-kaling. Airnya merupakan air gula dengan siraman susu kental manis. Isian sekoteng yang beragam membuat tampilan es ini menarik dengan warnanya yang cerah.

Biasanya es sekoteng disajikan dalam mangkuk lebar dengan sendok bebek untuk menyantapnya. Es sekoteng paling nikmat disantap saat cuaca panas. Sambil mengunyah isiannya yang lembut atau kenyal, seruput kuahnya yang manis dingin. Wah nikmat!
Slurrp! Segar Manis Es Sekoteng Berisi Biji Delima dan Kelapa MudaFoto: Istimewa
Es sekoteng atau es oyen banyak ditemui di Bandung. Kalau di Bogor, es sekoteng bisa ditemui di jejeran penjual jajanan sebelah Bogor Permai. Sementara di Jakarta ada Es Oyen di Cilandak dan Kelapa Gading.

Malas membeli? Coba bikin sendiri es sekoteng di rumah. Langkah pembuatannya mudah, cukup melihat resep ini.

Baca Juga: Pa' Oyen Bandung : Jajan Siomay Komplit Plus Es Oyen yang Sedap Mantap (dvs/odi)
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur