Kulit Pisang Bisa Jadi Alternatif 'Pulled Pork' Versi Vegan

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 04 Apr 2019 09:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tidak hanya jamur dan gluten. Kulit pisang juga bisa jadi alternatif bahan makanan mirip daging untuk vegan.

Jika Anda adalah pengikut gaya hidup vegan atau mengurangi konsumsi daging, cobalah manfaatkan kulit pisang. Bahan ini bisa jadi alternatif makanan bertekstur daging yang terbuat dari bahan nabati.

Sebelumnya mungkin Anda sering mendengar pemanfaatan nangka untuk meniru 'pulled pork'. Dan kulit pisang dimanfaatkan sebagai alternatif daging yang lebih murah. Meski dianggap aneh dan tak biasa, namun hasilnya cukup bagus dan kini sedang populer di kalangan vegan.

Kulit Pisang Bisa Jadi Alternatif 'Pulled Pork' Versi VeganFoto: Istimewa

Penggunaan kulit pisang juga dilakukan untuk mengurangi limbah. Agar enak dimakan, mengolah kulit pisang membutuhkan sedikit usaha. Melissa Sopeland yang dikenal sebagai 'The Stingy Vegan' mengunggah resepnya.

Baca Juga: Jangan Buang Kulit Pisang dan Biji Semangka agar Dapat Nutrisi Lebih

Dikutip dalam Metro (01/04/2019) ia mengatakan, "Saya sangat awam tentang hal ini tetapi saya beranikan untuk mencobanya. Dan ternyata itu berhasil! Anda mungkin sama awamnya dengan saya tentang kulit pisang ini, jadi izinkan saya memberitahu Anda bagaimana caranya. Kulit pisang ini tidak pahit dan rasanya tidak seperti pisang," ujar Melissa.

Caranya, pilih pisang yang belum matang karena kulitnya lebih kencang dan lebih tebal. Kemudian kikis bagian kulit putih dari dalam dengan sendok untuk menyingkirkan daging putih di dalamnya dan kemudian robek dengan garpu. Campurkan dengan minyak zaitun dan rempah sebelum dimasak dengan air dan saus BBQ. Maka jadilah daging, yang rasanya tidak kalah enak dengan daging sapi.

Melissa juga menyajikan kulit pisang ini di dalam roti dengan selada. Ternyata ada banyak cara lain untuk menyajikan kulit pisang. Mulai dari mengolahnya jadi bakso, burger, dan bahkan bacon.

Kulit Pisang Bisa Jadi Alternatif 'Pulled Pork' Versi VeganFoto: Istimewa

Ternyata cara serbaguna dari kulit pisang ini sudah digunakan diberbagai negara. Di negara Asia, kulitnya biasa dimasak dan di Brasil digunakan dalam kue.

Meskipun tidak kaya akan kalium seperti pada buahnya, ternyata kulitnya juga mengandung nutrisi dan merupakan sumber serat yang tidak larut. Ini kaya akan vitamin B6 dan B12, serta magnesium, kalium dan mengandung beberapa protein.

Baca Juga: Kulit Pisang dan Sukun Meski Kurang Populer Tetapi Kaya Nutrisi (lus/lus)