Sambut Kaisar Baru, Ada Burger Mewah Rp 12,8 Juta di Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 08:02 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kreasi burger mewah kembali hadir di dunia. Kali ini dari seorang chef di Tokyo yang membuat burger berharga fantastis. Apa istimewanya?

AFP (1/4) mengabarkan sebuah restoran di Tokyo membuat kreasi burger istimewa yang mencuri perhatian. Harganya USD900 atau sekitar Rp12,8 juta dengan isian bahan-bahan super mewah.

Ukurannya juga terbilang besar dengan diameter 25 cm dan berat sekitar 3 kg. Untuk isiannya ada foie gras, lembaran daging sapi Jepang, dan parutan jamur black truffle. Tak ketinggalan serpihan emas sebagai penyempurna burger.

Sambut Kaisar Baru, Ada Burger Mewah Rp12,8 Juta di JepangFoto: Istimewa

"Kami ingin membuat sesuatu untuk merayakan adanya kaisar baru dan era baru untuk Jepang," kata kepala chef Patrick Simada. Ia yang merupakan keturunan Jepang-Amerika juga memadukan unsur dua negara itu dalam burger buatannya.

Baca Juga: Bukan Sushi atau Ramen, Donald Trump Lebih Pilih Burger Saat ke Jepang

"Burger ini gaya Amerika dengan menggunakan bahan-bahan dari Jepang. Rasanya seperti diri saya ada di dalam burger ini," lanjut Simada.

Sambut Kaisar Baru, Ada Burger Mewah Rp12,8 Juta di JepangFoto: Istimewa

Bernama Golden Giant Burger, sajian ini dibuat untuk memperingati penobatan Putra Mahkota Naruhito pada 1 Mei mendatang. Sekaligus menandai pembukaan Era Reiwa baru di Jepang. Rencananya burger ini akan tersedia hingga akhir Juni 2019.

Mengenai konsumsi burger di Jepang sebenarnya bukanlah tradisi. Sebab dahulu orang Jepang akan dihukum berat kalau mengonsumsi daging. Terdapat larangan berusia 1.200 tahun untuk mengonsumsi protein hewani ini.

Sambut Kaisar Baru, Ada Burger Mewah Rp12,8 Juta di JepangFoto: Istimewa

Larangan ini kemudian berakhir saat masa kaisar Meiji tahun 1872. Kemudian burger berlanjut jadi populer di Jepang sejak akhir Perang Dunia II.

"Ada begitu banyak tempat makan burger di Jepang akhir-akhir ini. Berjalan menyusuri jalan dan Anda bisa mendapat burger hampur dimana saja," pungkas Shimada mengenai burger yang kini malah disukai di Jepang.

Baca Juga: Terbaru! Burger dengan Berisi Irisan Tipis Apel Utuh

(adr/odi)