Ilmuwan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Tidak Bikin Mabuk

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 31 Mar 2019 08:54 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Para ilmuwan ciptakan alkohol sintetis yang tidak membuat mabuk orang penikmatnya. Tapi efek konsumsi minuman ini sama seperti alkohol pada umumnya.

Bernama 'alcosynth', minuman baru ini memiliki efek yang sama seperti minuman beralkohol biasa. Hanya saja, penikmatnya dijamin tidak akan mabuk ataupun alami kerusakan liver usai mengonsumsinya. Dilansir Metro UK (29/3), minuman ini hanya memberi rasa hangat dan pening layaknya alkohol biasa.

Ilmuwan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Tidak Bikin Mabuk Foto: Istimewa

Usai mengadakan penelitian selama bertahun-tahun, akhirnya para peneliti akan sampai pada titik di mana 'alcosynth' dapat dijual bebas ke bar dan klub dengan nama 'Alcarelle'.

Baca juga: Lakukan Trik Ini Saat Minum Alkohol Agar Terhindari dari Efek Mabuk

Minuamn ajaib ini merupakan hasil karya dari Profesor Dave Nutt, seorang mantan penasihat pemerintah. Ia menemukan molekul alcosynth untuk menargetkan reseptor spesifik di otak dan mengabaikan hal lainnya.

Ilmuwan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Tidak Bikin Mabuk Foto: Istimewa

"Kita tahu bahwa di dalam otak, alkohol memiliki efek 'baik' dan 'buruk' dan reseptor apa yang memediasi itu - Gaba, glutamat dan yang lainnya, seperti serotonin dan dopamin," jelasnya pada Guardian (26/3).

"Efek alkoholnya rumit tapi Anda bisa menargetkan bagian otak yang ingin Anda targetkan," tambahnya.

Minuman ini sendiri masih dalam tahap akhir pengembangan. Sebab tiap wilayah yang menginginkan minuman ini perlu mendapat persetujuan dari aparat hukum setempat.

Ilmuwan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Tidak Bikin Mabuk Foto: Istimewa

"Jelas akan ada pengujian untuk memeriksa apakah molekul tersebut aman. Dan kita perlu menunjukkan bahwa minuman ini tidak menghasilkan toksisitas seperti halnya alkohol," tutur Profesor Nutt.

Setelah semua peraturan resmi disahkan, rencananya Profesor Nutt akan menjual Alcarelle secara bebas. Saat ini, Nutt dan rekan-rekannya tengah mencari dana sebesar £ 20 juta (Rp 371 miliar) sebagai modal pemasaran.

Ilmuwan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Tidak Bikin Mabuk Foto: Istimewa

Minuman serupa juga pernah dibuat oleh sebuah winery di Spanyol. Perusahaan wine itu membuat air mineral rasa wine yang tidak akan membuat mabuk pengonsumsinya.

Minuman itu bernama Vida Gallaecia. Vida Gallaecia merupakan hasil kolaborasi winery Bodega Liquido Gallaecia dan peneliti State Agency of the Higher Council of Scientific Research (CSIC) dalam 2 tahun terakhir. Rasa minuman itu dikabarkan mirip wine, namun tanpa kandungan alkohol dan hanya sedikit kalori.

Baca juga:Terbaru! Air Putih Rasa Wine yang Tak Bikin Mabuk



Tonton juga video WHO: 3 Juta Orang Meninggal Tiap Tahun Akibat Alkohol:

[Gambas:Video 20detik]


Ilmuwan Ciptakan Alkohol Sintetis yang Tidak Bikin Mabuk
(dwa/odi)