Bukan Untuk Gantungan Ternyata Ini Fungsi Lubang pada Talenan

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 18:45 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Talenan yang memiliki lubang di bagian atasnya ternyata bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Bukan sekedar untuk gantungan, tapi ini manfaat sebenarnya.

Talenan jadi salah satu alat memasak yang wajib dimiliki tiap rumahtangga. Dengan alat ini Anda bisa memotong bahan makanan menjadi bagian yang lebih kecil. Alat ini sering digunakan untuk alas memotong bahan makanan sebelum akhirnya diproses sesuai dengan keinginan. Ternyata lubang pada talenan memiliki fungsi yang belum diketahui banyak orang.

Bukan Untuk Gantungan Ternyata Ini Fungsi Lubang pada TalenanFoto: iStock

Talenan biasanya digunakan untuk memotong ayam, sayuran, hingga mengiris bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih, atau daun seledri.

Jika melihat lubang talenan, fokus kita akan tertuju pada 'gantungan' atau pegangan. Namun dikutip dalam Metro (27/03) lubang tersebut digunakan untuk lubang memasukkan bahan-bahan yang sudah dipotong ke dalam wadah.

Baca Juga: Ini Sebabnya Talenan Kayu Lebih Aman Dibandingkan Talenan Plastik

Bukan Untuk Gantungan Ternyata Ini Fungsi Lubang pada TalenanFoto: iStock

Kebanyakan orang justru memindahkan bahan makanan yang sudah dipotong melalui talenan bagian bawah. Ini bisa berakibat bahan makanan jatuh atau berantakan. Dengan celah atau lubang bagian atas yang ada dalam talenan bisa memudahkan Anda memindahkan makanan dan membuat potongan sayur tak jatuh berserakan.

Salah satu netizen menulis di Twitter, "Itu bukan lubang. Itu pegangan, ditambah lagi saya tidak bisa memindahkan potongan sayuran mikrokopis dalam lubang kecil ini," tulis salah satu netizen sambil memperlihatkan lubang kecil pada talenannya.

Lelucon lainnya mengatakan, "Saya butuh satu tahun untuk memasukkan potongan tomat dadu saya ke dalam mangkuk. Saya tidak akan menggunakan pegangan talenan untuk melakukan hal ini karena menurut saya sulit."

Baca Juga: Peralatan Dapur yang Tak Bersih Bbisa Pengaruhi Rasa dan Aroma Makanan (dwa/odi)