Port Wine Berumur 156 Tahun Ini Pecahkan Rekor Lelang Dunia

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 18:13 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Botol port wine ini begitu istimewa karena usianya mencapai 156 tahun. Tak heran, harga jualnya mampu pecahkan rekor dunia ketika dilelang.

Dunia investasi minuman alkohol di negara Barat seolah tak ada matinya. Buktinya The Wealth Report 2019 mencatat whiskey langka memberi keuntungan terbesar selama setahun terakhir. Wine kualitas baik juga mengalami peningkatan nilai hingga 9 persen dalam periode yang sama. Hal ini karena rekor lelang yang dicapai dari penjualan wine.

Pada hari Jum'at (22/3), Sotheby's mengumumkan telah tercipta rekor baru dalam penawaran wine yang dipecahkan oleh port wine dengan penawaran sebesar USD134.000 atau sekitar 1,9 miliar rupiah.

Port Wine Berumur 156 Tahun Ini Pecahkan Rekor Lelang DuniaFoto: Istimewa

Port wine memang sangat istimewa karena disimpan selama 156 tahun dalam botol yang dirancang khusus dari kristal Lalique raksasa. Botol ini pun merupakan karya kedua dari lima botol yang diciptakan oleh perusahaan Niepoort. Dengan harga yang luar biasa, keuntungan dari lelang ini didonasikan ke yayasan Tha Nature Conservacy.

Baca juga: Nanas Juga Enak Diolah Jadi Minuman Beralkohol

Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya sebesar USD126.000 atau 1,8 miliar rupiah yang dipegang oleh edisi pertama dari merek perusahaan yang sama.

Baca juga: Ditemukan Tembikar Bermotif Anggur, Ternyata Wine Sudah Ada Sejak 8.000 Tahun Lalu

Port Wine Berumur 156 Tahun Ini Pecahkan Rekor Lelang DuniaFoto: iStock

Port wine merupakan jenis anggur fortifikasi yang paling terkenal di dunia. Kualiatas botol penyimpanan Port wine turut mempengaruhi cita rasanya dan perusahaan Niepoort memang dengan botol Port-nya yang eksklusif. Menurut pihaknya, botol yang memecahkan rekor dunia kali ini merupakan jenis sangat langka.

Tentu saja terdapat kontroversi bahwa penawaran harga yang luar biasa ini didorong oleh botol penyimpanan dan bukan minuman beralkohol didalamnya. Namun dalam dunia perlelangan wine, tawaran yang didorong oleh botol sebenarnya cukup umum. Hal ini tetap diakui karena kualitas penyimpanan anggur juga merupakan hasil kerja keras dari pengolah anggur itu sendiri.

Baca juga: Ini 9 Selebriti Hollywood yang Terjun ke Bisnis Minuman Alkohol

(adr/adr)