Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Soal Restoran Salt Bae!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 16:47 WIB
Foto: Instagram nust_et Foto: Instagram nust_et
Jakarta - Dikenal sebagai chef yang bergelimang harta, ternyata Salt Bae memiliki perjalanan hidup yang cukup panjang. Ini 5 faktanya!

Kepopuleran seorang Nusret Gokce dimulai pada 7 Januari 2017. Kala itu ramai video yang menampilkan dirinya sedang menyiapkan sajian steak enak dengan gaya menabur garamnya yang khas.

Hingga kini ia memiliki beberapa cabang yang tersebar di banyak negara. Berikut ini beberapa fakta soal restoran Salt Bae yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Baca juga:Layani Presiden Venezuela, Restoran 'Salt Bae' Dapat Ulasan Buruk

1. Berawal dari seorang pemotong daging

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Soal Restoran Salt Bae!Foto: Instagram

Kesuksesan Nusret bukan semudah membalikkan telapak tangan. Ia harus berjuang dari nol untuk mendapatkan kesuksesan seperti sekarang ini. Di tahun 2009, pria asal Istanbul, Turki ini merantau ke Buenos Aires, Argentina.

Di tempat itulah Salt Bae ingin meningkatkan keahliannya dalam bidang butcher atau ahli pemotong daging. Seiring berjalannya waktu, mimpi untuk membuka restoran akhirnya dapat ia capai.

Dalam akun Instagramnya, ia bercerita dengan modal tabungan tak tak seberapa ia merantau ke Argentina untuk berkarir di industri kuliner khususnya daging.

2. Lokasi restoran Salt Bae

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Soal Restoran Salt Bae!Foto: Instagram Salt Bae

Salt Bae membuka restoran pertamanya di Istanbul pada tahun 2010. Kemudian membuka restoran keduanya di Dubai pada tahun 2014. Selain itu Salt Bae juga membuka restoran steak di wilayah Ankara, Doha dan Dubai.

Di tahun 2018, ia pun membuka restoran steak terbarunya di New York City.

3. Menu dengan harga mahal

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Soal Restoran Salt Bae!Foto: Instagram Nurs_et

Banyak orang berbondong-bondong untuk mencicip sajian daging spesial. Salt Bae juga memiliki menu daging yang dijual dengan lapisan emas berharga fantastis. Dilihat dari situs TripAdvisor, restoran Nusr-Et di Istanbul menjual pilihan Dallas Steak, Nusret Kobe, New York Steak, Toscana dan Tom House.

Masing-masing menu ini dibanderol 150-195 Lira Turki atau sekitar Rp 350.000 hingga Rp 455.000 per porsi.

Selain itu ada juga menu steak mewah berlapis emas 24 karat. Menu ini pun dicicip oleh banyak orang penting seperti Lionel Messi hingga Franck Ribery, pemain FC Bayern Munchen.

4. Dikunjungi banyak seleb hingga pemain bola

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Soal Restoran Salt Bae!Foto: Instagram nust_et

Artis dan juga pemain bola menyempatkan diri untuk mengunjungi Salt Bae dan cicip dagingnya. Mulai dari Lionel Messi, Mbappe, Neymar hingga Pogba. Selain itu, deretan artis tanah air juga mengunjungi Salt Bae saat berlibur.

Ada Raffi Ahmad dan Nagita, Luna Maya, Baim Wong hingga Vidi Aldiano.

5. Penuh kontroversi

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Fakta Soal Restoran Salt Bae!Foto: Istimewa

Saking populernya, Salt Bae pun pernah dikritik dan ramai kontroversi. Bermula ketika Nicolas Maduro makan steak di restoran Salt Bae padahal Venezuela tengah dilanda krisis ekonomi yang cukup memprihatinkan.

Seorang pengguna TripAdvisor memberikan ulasan bintang satu dengan judul 'makanan untuk diktator', sementara yang lainnya menuliskan 'tidak ada lagi dukungan untuk pendukung diktator'.

Selain itu, ketika Salt Bae membuka restorannya di New York, ia mendapat kritik. Gaya menabur garamnya ini dinilai negatif dan tak higienis sehingga ia pun menyuruh karyawannya untuk mengenakan sarung tangan agar tak menyalahi aturan kesehatan.

Baca juga: Di NYC, Gaya Menabur Garam Salt Bae Dikritik Terkait Kebersihan (lus/odi)