Di NYC, Gaya Menabur Garam Salt Bae Dikritik Terkait Kebersihan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 01 Feb 2018 11:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Salt Bae masih jadi perbincangan hangat di New York City (NYC). Usai rasa steak-nya, kini gayanya menabur garam juga dikritik dari sisi higienitas.

Chef Nusret Gokce atau Salt Bae baru saja membuka restorannya, Nusr-et Steakhouse, di Manhattan dua minggu lalu. Sayangnya ia mendapat banyak ulasan dan kritik negatif.

Dikutip dari Fox News (1/2), Eater NY menilai gayanya saat menabur garam, tanpa menggunakan sarung tangan, menyalahi aturan kesehatan. Terlebih garam mungkin jatuh dulu ke lengannya sebelum ke daging karena ia punya ciri khas menekuk tangan saat menabur garam.

Baca Juga: Gara-gara Keju dan Asparagus, Chef 'Salt Bae' Bikin Pelanggan Kecewa

Di NYC, Gaya Menabur Garam Salt Bae Dikritik Terkait KebersihanFoto: Istimewa

Meski begitu, kini ia memakai sarung tangan saat beraksi. Hal ini terlihat dari unggahan video pengunjung Nusr-et Steakhouse di Instagram. Tapi di sisi lain, Salt Bae masih menabur garam dengan menekuk tangannya.

Tentang higienitas, Eater melalui artikelnya mencatat, gerakan atau gaya Salt Bae menabur garam tanpa sarung tangan dan dengan satu tangan ditekuk menyalahi aturan New York City Health Code pasal 81.07.

Pasal itu menetapkan pekerja harus menggunakan peralatan yang mencegah kontak tangan telanjang dengan makanan siap santap yang berpotensi berbahaya. Selain itu, aksi Salt Bae saat memotong daging steak di sisi meja juga dinilai tidak higienis.

Baca Juga: Ini Dia Aksi Menabur Garam Hingga Tampilan Restoran Baru Chef 'Salt Bae'

Di NYC, Gaya Menabur Garam Salt Bae Dikritik Terkait KebersihanFoto: nusr_et/instagram

Sementara itu, bagian lain dari pasal 81 menyatakan pekerja makanan tidak boleh pakai perhiasan di lengan atau tangan, kecuali gelang kesehatan atau "smooth ring." Hal ini nampak tidak dijalani Salt Bae karena ia memakai jam tangan saat beraksi.

Menanggapai hal ini, perwakilan Departemen Kesehatan NYC mengatakan akan menginvestigasi hal ini lebih lanjut.

Sebelum soal higienitas, restoran Salt Bae yang dibuka 18 Juni 2018 di Manhattan ini juga menuai kritik dari segi sajian. Ada pengunjung yang menganggap harga bersantap di sini terlalu mahal. Begitu juga dengan rasa steaknya yang hambar. (lus/odi)