Sarapan Orang Kantoran

Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin Nagih

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 12:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran
Jakarta - Selain aneka nasi dan bubur, menu ketupat sayur juga tak kalah populer untuk sarapan. Di Jakarta, banyak tempat makan ketupat sayur komplet legendaris dan enak.

Sepiring ketupat sayur memiliki porsi yang banyak, dengan isian komplet. Seperti telur, semur, sayur, sambal, kerupuk, hingga tambahan gorengan hangat. Ketupat sayur yang banyak digemari, ada ketupat sayur khas Betawi dan Padang.

Di Jakarta banyak ketupat sayur enak yang sudah buka sejak pagi hari. Selain itu harganya juga ramah di kantong dan bikin kenyang.

Baca Juga: Lamaknyo! Katupek Sayur Padang yang Gurih Pedas Mengenyangkan


1. RM Denai

Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin NagihFoto: dok. detikFood
Di wilayah Siaga, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ada rumah makan Padang sederhana dengan ketupat sayur legendaris. Di RM Denai, menu ketupat sayurnya cukup unik dan tentunya enak.

Selain disajikan dengan sayur nangka, ketupat sayur juga ditambahkan sayur pakis yang empuk dan tidak pahit. Terdapat juga tambahan rebung bambu, hingga bakwan jagung, dan sambal merah sebagai pelengkap. Harganya berkisar Rp 10.000 saja. Setiap harinya RM Denai buka dari jam setengah 7 pagi.

2. Ketupat Sayur CNI
Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin NagihFoto: Istimewa
Kuah gurih yang hangat, dipadukan dengan ketupat yang legit dan kriuk renyah kerupuk selalu bikin kangen. Ketupat Sayur CNI buka dari jam 7 pagi, dan jadi menu sarapan favorit di wilayah Puri Indah.

Seporsi ketupat sayur legendaris ini berisi potongan ketupat, telur, tahu, dan daging. Porsinya juga cukup royal, dengan kuah sayur labu yang lebih kental dan berminyak. Agar rasanya semakin enak, ketupat bisa ditambah dengan daging semur yang empuk dan gurih. Untuk kisaran harganya dimulai Rp. 10.000,- saja.

3. Ketupat Sayur H. Mahmud
Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin NagihFoto: Istimewa
Mau menyantap ketupat sayur khas Betawi yang autentik dan enak? Mampir saja ke Ketupat Sayur H. Mahmud, yang ada di wilayah Kebayoran Lama. Ketupat sayur ini termasuk legendaris, karena sudah berjualan puluhan tahun.

Ciri khasnya terletak pada campuran semur jengkol yang empuk dan bikin nagih. Lauk lainnya ada pindang bandeng, semur tahu, telur dan kentang. Bahkan bisa pakai rempeyek udang dan lalapan. Untuk kisaran harga ketupat sayur sekitar Rp 10.000 saja. Buka mulai dari jam 7 pagi.


4. Ketupat Ci Eng

Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin NagihFoto: Istimewa
Di wilayah Kelapa Gading ada ketupat sayur yang enak dan terkenal. Namanya Ketupat Ci Eng, terkenal dengan porsi dan isian yang banyak. Kuahnya gurih, ditambah dengan daging sapi semur atau ayam semur. Rasanya mirip lontong cap go meh, tapi tetap disajikan denagn sayur.

Pilihan isiannya ada telur, daging semur sapi dan ayam, tahu, tahu, tempe, hingga opor ayam. Untuk kisaran harganya sekitar Rp 17.000 saja. Buka dari jam 7 pagi.


5. Nasi Uduk Bang Uwan

Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin NagihFoto: Istimewa
Buka sejak jam 8 pagi, di wilayah Kebon Jeruk ada tempat sarapan Nasi Uduk Bang Uwan. Sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu. Di sini ketupat sayurnya gaya Betawi, sehingga kuahnya sedikit lebih manis karena ditambahkan semur.

Salah satu topping isiannya ada telur balado, semur kentang, sayur buncis, hingga emping renyah. Untuk kisaran harga dari Rp 5.000 sampai Rp 20.000. Menu nasi uduk dan semur dagingnya juga enak lho.

Baca Juga: Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga Lonsay sss


Berkuah Gurih Pedas, 5 Ketupat Sayur Ini Selalu Bikin Nagih
(sob/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran