Sarapan Orang Kantoran

Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga Lonsay

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Mar 2019 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran
Jakarta - Tak sempat membuat sarapan pagi. Banyak pekerja kantoran yang berburu sarapan di sekitar kantor untuk menambah energi sebelum mulai bekerja.

Menu sarapan orang Indonesia hampir semuanya tradisional. Banyak penjual yang menjajakan makanannya di pagi hari. Menu sarapan yang dijual juga beragam. Mulai dari bubur ayam hangat sampai dengan nasi uduk dengan paduan lauk komplet.

Yuk, intip apa saja menu sarapan enak yang jadi favorit orang kantoran.

Baca juga: Ini Menu Sarapan Enak Pilihan 5 Gubernur Indonesia

1. Bubur ayam

Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga LonsayFoto: iStock

Bubur ayam hangat dengan tekstur lembut selalu jadi buruan banyak orang kantoran. Bubur yang kental hangat dengan paduan pelengkap seperti suwiran ayam, kacang goreng, irisan cakue, kerupuk, emping dan sambal pedas.

Bubur ayam dipadu dengan kuah kuning gurih membuat sajian bubur ini makin nikmat. Pagi hari, bubur ayam sangat mudah didapat dekat kantor-kantor. Bahkan, ada bubur legendaris yang jadi favorit banyak orang kantoran.

Bubur Ayam Landmark disajikan dengan lapisan kertas nasi. Harga semangkuk bubur ayam dibandrol dengan harga Rp 10.000-Rp 13.000-an. Supaya lebih enak, padukan bubur dengan aneka sate telur, usus dan ati ampela.

2. Ketupat sayur

Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga LonsayFoto: Istimewa

Ketupat sayur khas Minang juga jadi favorit banyak orang. Potongan ketupat yang empuk makin enak disiram dengan kuah berwarna cokelat dengan genangan minyak kemerahan.

Isiannya berupa potongan daging nangka dan sayur paku. Memiliki citarasa yang gurih berempah yang cukup kuat. Ketupat sayur Padang semakin nikmat dipadu bersama dengan kerupuk merah muda dan juga telur balado. Nyam!

3. Lontong sayur

Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga LonsayFoto: iStock

Lontong sayur biasanya dikenal berasal dari Betawi. Kuahnya berwarna kecokelatan dengan isian kacang panjang dan labu siam. Selain itu, ada juga versi kuah dengan campuran pepaya muda.

Keduanya sangat pas dipadu dengan taburan bawang goreng dan kerupuk kanji. Agar lebih mantap, jangan lupa tambahkan dengan semur tahu telur, pindang bandeng hingga rempeyek udang.

4. Nasi uduk

Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga LonsayFoto: iStock

Nasi putih yang dimasak dengan santajn ini dilengkapi dengan beberapa pelengkap. Mulai dari bihun goreng, tempe orek dan gorengan hangat. Kalau menikmati nasi uduk gaya Betawi, langsung saja campurkan dengan semur jengkol dan kentang berkuah cokelat yang manis gurih.

Beberapa jenis nasi uduk juga disajikan dengan dua jenis sambal. Mulai dari sambal merah dan sambal kacang. Semuanya cocok disantap dengan kerupuk renyah.

5. Nasi kuning

Pilihan Sarapan Kenyang Orang Kantoran, Nasi Uduk hingga LonsayFoto: iStock

Nasi kuning yang legit gurih ini jadi salah satu makanan favorit saat sarapan. Nasi kuning yang dicampur dengan bumbu kuning makin enak ditambah dengan santan dan rempah. Nikmati dengan campuran ayam goreng, telur dadar, perkedel, kacang tanah, serundeng dan teri balado. Nyam!

Baca juga: Ini 10 Sarapan Nasi Tradisional yang Populer, Kamu Suka yang Mana? (lus/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran