Sarapan Orang Kantoran

Lamaknyo! Katupek Sayur Padang yang Gurih Pedas Mengenyangkan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Mar 2019 15:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran
Jakarta - Ketupat sayur jadi menu sarapan favorit orang kantoran. Tapi di Jakarta cukup sulit menemukan penjual ketupat sayur khas Padang, yang enak dan buka sejak pagi.

Di wilayah Siaga, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ada rumah makan Padang sederhana yang punya menu sarapan legendaris. Namanya RM Denai, letaknya persis di samping perumahan Siaga 3.

Baca Juga: Gurih Manis Ketupat Sayur Betawi Untuk Penambah Energi Pagi Ini
Lamaknyo!Katupek Sayur Padang yang Gurih Pedas MengenyangkanFoto: dok. detikFood
RM Denai terkenal dengan menu sarapan katupek sayur, atau ketupat sayur Padang. Setiap paginya rumah makan ini selalu dipenuhi orang-orang yang sarapan dengan ketupat.

"Saya sudah berjualan sejak tahun 1994 di sini. Terkenalnya di sini ketupat sayur khas Padangnya," tutur Uni Emi, selaku pemilik rumah makan Denai sekaligus yang membuat ketupat sayur setiap paginya.

"Untuk bahan-bahan yang digunakan sama dengan ketupat sayur Padang lainnya. Saya pakai santan, kunyit, lengkuas, bawang putih, hingga laos," ungkap Uni Emi kepada detikFood (25/03).
Lamaknyo!Katupek Sayur Padang yang Gurih Pedas MengenyangkanFoto: dok. detikFood
Di kota Jakarta sendiri cukup sulit untuk menemukan ketupat sayur Padang yang enak, dan buka sejak pagi hari. Sehingga tak heran, ketupat sayur racikan Uni Emi ini selalu diburu banyak orang. Terutama para pegawai kantoran yang menyempatkan mampir, untuk sarapan ketupat sayur.

Dengan harga Rp 10.000 saja, sudah bisa mendapatkan seporsi ketupat sayur dengan prosi yang banyak. Di sini ciri khasnya, ketupat sayur diberi siraman sayur pakis berkuah santan, sayur nangka, sambal merah, dan kerupuk merah muda. Rasanya gurih, sedikit pedas, dan enak.

Untuk isiannya sendiri selain ketupat yang lembut dan padat, ada juga irisan rebung bambu yang dicampur dengan kuah sayur pakis.
Lamaknyo!Katupek Sayur Padang yang Gurih Pedas MengenyangkanSayur nangka dan sayur pakis. Foto: dok. detikFood
"Selain porsinya yang banyak, di sini ketupat sayurnya pakai sayur pakis dan rebung bambu. Mendapatkan rebung bambu sedikit susah, jadi kadang ada dan kadang tidak. Rebung bambu ini gunanya sebagai pelengkap, agar ketupat sayurnya semakin enak," lanjut Uni Emi yang sempat beberapa kali memenangkan festival kuliner khas Minang dengan masakannya.

Memang jarang ketupat sayur Padang yang menggunakan rebung bambu dan sayur pakis di Jakarta. Apalagi jika kurang ahli ketika mengolah daun pakis, nantinya sayur pakis bisa berubah menjadi keras dan pahit.

Tapi di tangan Uni Emi, sayur pakis untuk pelengkap ketupat ini punya rasa yang gurih serta tidak keras, dan tentunya tekstur kuah santan yang kental. Sehingga ketupat sayur padang di RM Denai ini, tak pernah kehilangan pelanggan setianya.

Agar sayur pakis tidak keras dan pahit, di sini hanya menggunakan daun pakis yang masih muda. Sebelumnya direbus dulu, baru setelah itu diolah menjadi sayur dan dicampur dengan santan dan bumbu lainnya.
Lamaknyo!Katupek Sayur Padang yang Gurih Pedas MengenyangkanFoto: dok. detikFood
"Untuk porsi yang terjual setiap harinya memang tidak menentu. Tapi biasanya lebih dari 100 porsi setiap paginya," pungkas Uni Emi yang berasal dari Padang Panjang.

Selain ketupat sayur, tersedia juga bakwan jagung goreng yang masih hangat dan telur balado pedas sebagai pelengkap.

Untuk kisaran harga ketupat sayur berkisar dari Rp 10.000 - Rp 13.000. Ketupat sayur ini tersedia mulai dari jam setengah 7 pagi, hingga jam 10 pagi. Jika datangnya jam 10 pagi, Anda bisa menyantap ketupat sayur ini dengan tambahan rendang hingga ayam bakar yang enak.

Baca Juga: Yuk, Sarapan Ketupat Sayur Enak di 5 Tempat Ini!


(sob/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Orang Kantoran