Agar Alpukat Cepat Matang, Ikuti Trik Praktis Ini

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 26 Mar 2019 17:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Alpukat terasa kurang enak saat belum matang. Untuk mematangkannya dengan cepat dan praktis, coba ikuti trik ini.

Alpukat banyak disukai karena beragam manfaat sehatnya. Buah bertekstur lembut ini dapat diolah menjadi minuman, makanan, hingga masker untuk kecantikan. Ditambah lagi, banyak riset yang membuktikan bahwa buah alpukat dapat mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh.

Untuk memanfaatkannya, dibutuhkan alpukat dengan tingkat kematangan pas. Sayangnya banyak orang tak bisa langsung mendapatkan alpukat itu sehingga memilih simpan alpukat mentah.

Agar alpukat yang disimpan itu tetap berkualitas baik, ada trik praktis yang bisa Anda praktekkan. MSN (26/3) merangkum informasinya seperti berikut.

Agar Alpukat Cepat Matang, Ikuti Trik Praktis IniFoto: Istock

Baca juga: Ini Restoran dengan Menu Serba Alpukat Pertama Di London!

1. Gunakan microwave
Jika buah alpukat dalam keadaan setengah matang, Anda hanya membutuhkan dua menit untuk mematangkannya. Caranya, potong alpukat menjadi dua bagian dan buang bijinya. Kemudian bungkus alpukat dengan plastic wrap tahan panas dan panaskan dalam microwave selama 2 menit dengan suhu tinggi. Terakhir, diginkan alpukat yang masih di bungkus dengan air es agar proses pemasakan berhenti.

Baca juga: Label Gradasi Warna Ini Bisa Bantu Anda Pilih Alpukat yang Masak

2. Gunakan oven
Tidak perlu menunggu lama untuk mengonsumsi alpukat walaupun belum matang. Tip dari taste of Home dapat Anda praktekkan. Pertama, bungkus buah alpukat utuh dengan alumunium foil. Lalu panggang dalam oven selama 10 menit dengan suhu sekitar 93C. Jika alpukat masih sangat keras, mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mematangkannya. Maka tambahkanlah durasi pemanggangan dan cek setiap 5 menit. Setelah dirasa cukup, masukkan alpukat ke dalam lemari pendingin.

Agar Alpukat Cepat Matang, Ikuti Trik Praktis IniFoto: iStock

3. Gunakan kantung kertas dan apel
Jika Anda akan menggunakan alpukat 2 atau 3 hari kedepan, gunakanlah metode ini. Simpan alpukat dalam kantung kertas tertutup dan masukan buah apel atau kiwi didalamnya. Kemudian tusuk-tusuk kecil paper bag untuk memberikan sedikit udara dan diamkan dalam suhu ruangan. Alpukat, apel, dan kiwi memiliki senyawa etena yang berfungsi untuk mematangkan buah. Saat disimpan dengan rapat, senyawa ini akan fokus mematangkan buah dengan lebih cepat.

Baca juga: Mau Turunkan Kadar Kolesterol? Makanlah Satu Buah Alpukat Setiap Hari

(adr/odi)