Keren! Supermarket Ini Pakai Daun Pisang Untuk Pengganti Plastik

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 26 Mar 2019 12:30 WIB
Foto: Perfect Homes Chiangmai Foto: Perfect Homes Chiangmai
Jakarta - Untuk mengurangi limbah plastik di lingkungan, salah satu supermarket di Thailand menggunakan daun pisang. Untuk ganti kemasan plastik sayuran yang dijual.

Rimping Supermarket di Chiang Mai, Thailand, memutuskan untuk mengurangi penggunaan plastik, dan menggantinya dengan daun pisang. Foto-foto sayuran yang dikemas dengan daun pisang ini, lantas menarik perhatian para netizen di sosial media.

Baca Juga: Yuk, Kurangi Sampah Plastik di Dapur dengan 4 Cara Ini!
Keren! Supermarket Ini Pakai Daun Pisang Untuk Pengganti PlastikFoto: Perfect Homes Chiangmai
Lewat halaman Facebook Perfect Homes Chiangmai, foto sayuran dengan kemasan daun pisang yang cantik berhasil mendorong orang, untuk lebih perduli dengan lingkungan. Dikabarkan The Epoch Times (25/05), budaya membungkus makanan dan sayuran dengan daun pisang bukanlah hal yang baru di negara-negara Asia Tenggara.

Kebanyakan para penjual sayur di pasar tradisional, masih membungkus sayuran dengan daun pisang. Karenanya Rimping Supermarket memutuskan untuk mulai menggunakan daun pisang. Apalagi daun pisang memiliki tekstur yang tebal, dan fleksibel.

Hal ini memungkinkan daun untuk dilipat menutupi sayuran tanpa patah atau robek. Juga bisa menjaga suhu sayur agar tetap sejuk.
Keren! Supermarket Ini Pakai Daun Pisang Untuk Pengganti PlastikFoto: Perfect Homes Chiangmai
Banyak orang yang kini tertarik berkunjung ke Rimping Supermarket, karena hal ini. Mereka yang memuji aksi Rimping yang perduli dengan lingkungan, sekaligus menambah warna pada produk makanan supermarket mereka.

"Langkah kecil dapat membuat perbedaan yang besar. Perubahan akan segera datang!" puji seorang netizen.

"Selain lebih ramah lingkungan, dan membantu mengurangi limbah plastik. Membungkus sayuran dengan daun pisang, membuat tampilan sayuran jadi lebih cantik dan berwarna," tulis netizen lainnya.
Keren! Supermarket Ini Pakai Daun Pisang Untuk Pengganti PlastikFoto: Perfect Homes Chiangmai
Ada banyak sekali manfaat menggunakan daun pisang untuk mengganti kemasan plastik. Salah satunya daun pisang merupakan bahan organik, yang lebih mudah dikompos dan ramah lingkungan. Selain itu hasil kompos daun pisang juga efektif menambah nutrisi tanah, dan membuat tanah lebih subur.

Rimping bukan satu-satunya supermarket yang menaruh perhatian terhadap limbah plastik. Sebelumnya salah satu supermarket di Amsterdam, sengaja membuat lorong makanan bebas plastik yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang.

Baca Juga: Supermarket di Amsterdam Ini Punya Lorong Bebas Plastik Pertama di Dunia (sob/odi)