Supermarket di Amsterdam Ini Punya Lorong Bebas Plastik Pertama di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Mar 2018 15:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pencemaran lingkungan oleh plastik ditanggapi serius oleh supermarket di Amsterdam ini. Mereka sediakan lorong khusus bebas plastik.

Salah satu supermarket terkenal di Belanda, baru-baru ini menarik perhatian dengan memperkenalkan lorong bebas plastik untuk para pegunjungnya. Berkerja sama dengan A Plastic Planet organisasi lingkungan di Inggris, Ekoplaza membuat satu lorong yang bebas dari plastik.

Baca Juga: Hati-hati! Kemasan Plastik pada Produk Fast Food Bisa Bahayakan Kesehatan
Supermarket di Amsterdam Ini Punya Lorong Bebas Plastik Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Dilansir dari SBS (05/18), Ekoplaza merupakan supermarket pertama di dunia yang memiliki lorong bebas plastik. Mulai dari rak yang diganti dari bahan daur ulang, hingga produk yang ditawarkan, seperti bahan makanan daging, beras, sereal, coklat, hingga buah dan sayuran semuanya bebas dari plastik.

Bagi Ekoplaza, kehadiran lorong bebas plastik ini bukan hanya sekedar tren semata. Ini merupakan upaya yang dipertimbangkan untuk memerangi limbah plastik yang dihasilkan oleh konsumen di Eropa setiap harinya.

Menurut data yang dihimpun dari 'A Plastic Planet', lebih dari 40% jumlah semua limbah plastik digunakan untuk kemasan, dan setengahnya digunakan untuk produk makanan dan minuman.
Supermarket di Amsterdam Ini Punya Lorong Bebas Plastik Pertama di DuniaFoto: Istimewa

"Ini merupakan momen penting untuk memerangi polusi plastik di dunia," ungkap Sian Sutherland salah satu pendiri 'A Plastic Planet' yang telah mengusulkan tentang lorong bebas plastik ini di Inggris sejak tahun lalu.

"Ekoplaza telah memberi contoh yang baik untuk diikuti oleh supermarket di Inggris," tambahnya.

Barang-barang yang berada di lorong bebas plastik di Ekoplaza ini nantinya akan memiliki label khusus 'Plastic Free Mark' yang mudah dikenali oleh para pengunjung.
Supermarket di Amsterdam Ini Punya Lorong Bebas Plastik Pertama di DuniaFoto: Istimewa

Sebelumnya, limbah plastik memang telah menjadi fokus yang serius di benua Eropa. Mulai dari perusahaan, konsumen, produsen, hingga politisi terkemuka menyadari betapa berbahayanya plastik terhadap lingkungan.

Ekoplaza berharap dapat mendirikan lorong bebas plastik, di 74 cabang supermarket milik mereka yang tersebar di seluruh Belanda pada tahun 2018 ini.

Baca Juga: Gantikan Plastik, Peneliti Manfaatkan Protein Susu sebagai Pembungkus Makanan (sob/odi)