Makan Okonomiyaki Buatan Sendiri, Wanita Ini Dilarikan ke RS

Sonia Basoni - detikFood Senin, 25 Mar 2019 18:57 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang wanita di Jepang harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami alergi berat. Penyebabnya karena ia memakan okonomiyaki buatannya sendiri.

Wanita berusia 43 tahun ini, sempat mengalami anafilaksis yaitu reaksi alergi berat yang dapat berakibat fatal. Alergi ini umumnya disebabkan dari gigitan serangga, makanan, dan obat.

Baca Juga: Ini Penjelasannya Kenapa Orang Menderita Alergi Cabe
Makan Okonomiyaki Buatan Sendiri, Wanita Ini Dilarikan ke RSFoto: Istimewa
Dikabarkan Daily Mail UK (22/03), wanita yang tidak disebutkan identitasnya ini awalnya menyantap okonomiyaki, pancake khas Jepang. Tak lama setelah menyantapnya, ia mulai merasakan kesulitan bernafas, hingga timbul bercak merah di kulitnya.

Wanita ini harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah diperiksa oleh tim dokter, ia mengaku bahwa ia baru saja membuat okonomiyaki, menggunakan tepung terigu yang sudah berusia lebih dari setahun. Apalagi tepung terigu itu dibiarkan terbuka, dan disimpan di bawah lantai.

Akhirnya sampel tepung terigu itu diteliti lebih lanjut. Hasilnya ditemukan ada lebih dari 4.500 tungau debu, yang berada di dalam setiap gram tepung terigu tersebut. Hasil tes medis wanita ini juga menunjukkan, bahwa reaksi alergi yang didapatkannya disebabkan dari tungau. Tapi tidak termasuk telur, yam, daging babi, udang, dan cumi yang digunakannya.
Makan Okonomiyaki Buatan Sendiri, Wanita Ini Dilarikan ke RSFoto: Istimewa
Menurut keterangan sang pasien, awalnya dia sudah bersin-bersin saat membuat okonomiyaki. Tapi setelah memakannya, ia mulai merasakan perutnya sakit, dan terserang diare. Padahal beberapa saudaranya yang memakan okonomiyaki itu, baik-baik saja dan tidak mengalami alergi.

Untungnya pasien dengan cepat pulih, setelah diberikan obat oral hingga antihistamin. Semua kasus ini ditulis dalam laporan medis BMJ Case Report, oleh Dokter Katsunori Masaki, yang bertugas di Saiseikai Utsunomiya Hospital, Jepang.

Alergi yang disebabkan oleh tungau debu memang sering terjadi. Gejala awalnya biasanya flu, mata bengkak, hingga kesulitan bernafas. Dalam beberapa kasus, reaksi alergi ini bisa berbahaya jika tidak cepat ditangani dengan serius.
Makan Okonomiyaki Buatan Sendiri, Wanita Ini Dilarikan ke RSFoto: Istimewa
Sementara para dokter memperingatkan bahwa tungau debu lebih mungkin mencemari tepung, yang berada di daerah tropis dan subtropis. Karena suhu udara dan kelembaban yang tinggi di wilayah ini.

Baca Juga: Ini 7 Gejala yang akan Timbul Jika Alergi Terhadap Makanan (sob/odi)