Ini 7 Gejala yang akan Timbul Jika Alergi Terhadap Makanan

Christina Ambarrita - detikFood Kamis, 28 Jan 2016 19:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - ​Alergi makanan bisa berakibat serius. Dari gatal-gatal hingga sesak nafas. Karenanya perhatikan dengan cermat gejala-gejala alergi makanan agar mudah menanganinya.​

Dilansir dari Bustle.com (27/1) alergi pada makanan bisa disertai tanda-tanda atau gejala seperti gatal-gatal hingga jantung yang berde​nyut​ lebih cepat. Karenanya ​perlu diperhatikan gejala ini terutama jika Anda memiliki riwayat alergi.​

Foto: Thinkstock

1. Suara

​Sesak ​n​apas salah satu ciri-ciri alergi makanan yaitu apabila Anda mengeluarkan suara seperti orang sesak napas. Jika mengeluarkan suara berdecit, istilah populernya ‘wheezing’ seperti orang asma setelah mengonsumsi makanan tertentu, itulah reaksi sekaligus tanda jika tubuh menolak alias alergi dengan makanan tersebut.

2. Gatal-gatal disertai kulit kemerahan
Gejala alergi yang paling mudah dikenali adalah ketika kulit gatal-gatal dan disertai ruam kemerah-merahan. Biasanya gejala ini menyerang permukaan perut, kulit lengan dan kaki, atau area kulit mana saja. Gatal-gatal merupakan reaksi dari peningkatan senyawa histamine di dalam sel darah karenanya kadang disertai ruam kulit.

Foto: Thinkstock

3. Kesulitan menelan
Gejala ini atau istilah medisnya ‘disfagia’ adalah kondisi saat Anda tidak bisa menelan dengan baik akibat reaksi alergi yang ditimbulkan oleh tubuh. Kerongkongan pun tidak dapat melakukan fungsinya dengan semestinya. Apabila Anda atau orang di sekitar Anda mengalami hal ini, segera cari bantuan medis secepatnya.

4. Mulut terasa gatal
Pernahkah suatu kali setelah Anda mengonsumsi strawberry, tiba-tiba mulut Anda terasa gatal? Bisa jadi hal tersebut adalah tanda Anda mengalami alergi. Rasa gatal di mulut seringkali dikaitkan dengan gejala alergi mulut terhadap makanan alias Oral Allergy Food Syndrome (OAFS). Orang yang menderita OAFS biasanya akan kesulitan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan mentah karena reaksi alergi yang ditimbulkan.

Foto: Thinkstock

5. Bersin dan mata gatal
Mata gatal disertai bersin seringkali dikaitkan dengan gejala demam. Namun ternyata gejala ini juga muncul apabila Anda mengalami alergi makanan. Karenanya apabila setelah mengonsumsi makanan tertentu lalu timbul reaksi mata gatal disertai bersin, Anda wajib waspada dengan makanan yang terakhir dikonsumsi.

6. Detak jantung cepat
Detak jantung cepat ternyata juga merupakan salah satu reaksi tubuh yang timbul akibat alergi makanan. Jika biasanya alergi makanan menyerang sistem pencernaan saja, ternyata sistem kardiovaskular dalam tubuh pun juga dapat terserang alergi. Hal ini lah yang memicu jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Tanda-tanda sistem kardiovaskular yang mengalami alergi karena makanan​, ​mulanya diketahui apabila tekanan darah mendadak turun, karenanya kondisi ini perlu ​penanganan medis​.

(lus/odi)