Meski Murah, Ubi yang Manis Punya 4 Manfaat Sehat Ini

Shara Azzhara - detikFood Sabtu, 23 Mar 2019 08:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang kini memilih ngemil ubi karena enak dan bernutrisi. Selain baik untuk pencernaan, ubi juga punya manfaat sehat ini.

Keripik kentang dan kentang goreng adalah camilan favorit banyak orang. Sayangnya camilan ini kurang sehat karena berkalori tinggi sehingga bisa menambah berat badan. Sebagai alternatif, Anda dapat mengganti kentang dengan ubi. Nutrisi yang terkandung dalam ubi meliputi beta karoten, antioksidan, vitamin C, magnesium, dan zat besi.

Ubi dapat diolah menjadi beragam cemilan. Ubi rebus, ubi panggang hingga keripik ubi. Agar lebih sehat, olahlah keripik ubi dengan minyak zaitun, minyak kelapa, dan sedikit garam. Jika bosan dengan resep yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba menu bola ubi atau donat ubi.

Meski Murah, Ubi yang Manis Punya 4 Manfaat Sehat IniFoto: iStock

Baca juga: Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang Populer

Bukan hanya enak, ngemil ubi ternyata punya banyak manfaat sehat. NDTV (22/3) merangkum informasinya seperti berikut.

1. Menurunkan berat badan
Diet untuk tubuh yang ideal tidak harus mahal. Serat yang terkandung dalam ubi membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori dan menjaga berat badan ideal.

2. Mencegah radang sendi
Kandungan betakaroten, magnesium, zat besi, dan vitamin B kompleks menjadikan ubi sangat baik untuk menutrisi tulang dan persendian. Bahkan, air rebusan ubi dapat dioleskan pada persendian untuk mengurangi rasa nyeri.

Baca juga: Ubi Jalar yang Empuk Legit Masuk Daftar Superfood, Ini Alasannya

Meski Murah, Ubi yang Manis Punya 4 Manfaat Sehat IniFoto: iStock

3. Memperbaiki pencernaan
Serat yang terkandung dalam ubi jauh lebih tinggi dibandingkan kentang. Serat yang melimpah ini sangat mudah dicerna serta menenangkan dan memperbaiki pencernaan yang bermasalah.

4. Menurunkan tekanan darah
Manfaat besar yang terkandung dalam ubi salah satunya adalah menurunkan tekanan darah. Penderita hipertensi direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi ubi. Magnesium dan potasium didalam ubi akan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Kue Kremes, Si Manis Renyah dari Ubi Jalar

(adr/odi)