Umbi Goreng Renyah

Kue Kremes, Si Manis Renyah dari Ubi Jalar

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 01 Mar 2019 18:20 WIB
Foto: Omiyago Foto: Omiyago
Jakarta - Camilan ubi yang renyah dengan rasa manis ini jadi primadona. Serutan ubi dengan tekstur renyah sangat enak dipadu dengan gula Jawa.

Kue kremes sering disebut juga kue sarang burung. Kue tradisional ini berbahan dasar ubi dan gula merah. Ubi diserut tipis kemudian digoreng dan dicampur dengan gula merah. Tekstur kue kremes sangat renyah dan gurih.

Baca juga: Sarang Burung Madu si Camilan Langka

Rasanya manis sehingga menjadikan camilan ini sering jadi jajanan oleh-oleh. Meskipun bisa ditemui di Pulau Jawa, akan tetapi kue ini banyak ditemukan di Sumatera yang dikenal dengan sebutan kue sarang balam karena bentuknya menyerupai kue sarang burung.

Kue Kremes, Si Manis Renyah dari Ubi JalarFoto: Istimewa

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kue kremes yang dikenal dengan nama kue carang atau gerubi. Sedangkan dalam bahasa Sunda, kue ini dikenal dengan nama kremes hui.

Kue Kremes, Si Manis Renyah dari Ubi JalarFoto: Istimewa

Punya bentuk yang hampir sama, di Aceh kue sarang burung yang renyah ini tak dibuat dari umbi. Bernama Keukarah, camilan ini terbuat dari tepung beras dan santan dengan sensasi rasa manis dan gurih renyah. Bentuknya mirip seperti jala.

Baca juga: Sarang Burung Madu si Camilan Langka (lus/odi)