Umbi Goreng Renyah

Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang Populer

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Umbi Goreng Renyah
Jakarta - Camilan dari ubi jalar dan singkong populer sejak dulu. Hanya saja kini banyak inovasi dengan aneka isian dan bentuk. Semuanya enak!

Setidaknya ada 13 jenis umbi-umbian yang sering ditemukan di Indonesia. Salah satunya ubi jalar, yang terbagi ke dalam beberapa jenis seperti ubi ungu, ubi kuning, hingga ubi putih. Dari jenis ubi ini bisa diolah menjadi aneka gorengan, seperti bola ubi, timus, getuk ubi, hingga donat ubi.

Baca Juga: 5 Jenis Umbi Ini Paling Enak Digoreng Garing


1. Donat Ubi

Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang PopulerFoto: Istimewa
Selain kentang, ubi juga bisa jadi bahan dasar donat. Untuk membuat donat ubi, bisa menggunakan ubi ungu, kuning, atau pun putih. Jika warnanya ingin cantik, bisa pakai ubi ungu, atau jika ingin tampilan yang sama dengan donat lain bisa pakai ubi kuning.

Cara membuatnya juga terbilang mudah, cukup kukus ubi lalu dihaluskan, setelah itu campurkan dengan tepung terigu, ragi instan, kuning telur, hingga gula halus. Setelah dibentuk, donat bisa digoreng lalu disajikan dengan taburan gula halus hingga topping cokelat leleh.


2. Bola Ubi

Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang PopulerFoto: Istimewa
Bola-bola ubi kuning dan ungu ini termasuk jajanan tradisional, yang sudah berubah menjadi jajanan kekinian yang digemari banyak orang. Berasal dari kota Bandung, Bola-bola ubi ini terbuat dari campuran ubi kukus, tepung tapioka dan gula bubuk. Campuran ini kemudian diaduk hingga tercampur rata, setelah itu adonannya dipipihkan.

Awalnya bola ubi ini disajikan langsung, tetapi kini banyak topping untuk melengkapi bola ubi. Seperti isian rasa gula merah, cokelat, green tea, hingga keju.


3. BOM

Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang PopulerFoto: Istimewa
Mungkin gorengan BOM belum seterkenal bola ubi, meski bentuknya sama. Nama BOM sendiri berasal dari bentuk bulat, yang menyerupai bom. Gorengan yang satu ini terbuat dari bahan ubi kayu, daun bawang, hingga garam.

Setelah ubi kayu dikukus dan dihaluskan, adonan ini dicampur dengan irisan bawang, garam, hingga penyedap rasa. Setelah dibentuk bulat, bisa langsung digoreng hingga warnanya berubah menjadi kuning. BOM paling enak disajikan dengan cocolan saus hingga sambal.


4. Getuk Ubi

Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang PopulerFoto: Istimewa
Getuk goreng tidak hanya berbahan dasar singkong saja. Bisa juga diolah dari ubi, rasanya manis, dan tentunya gurih. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan ubi jalar, gula pasir, bubuk vanili, hingga garam halus.

Setelah dipotong dan dibersihkan, ubi dikukus kemudian diampurkan dengan semua bahan. Lalu cetak ubi ke dalam loyang, kemudian diamkan hingga adonan dingin. Terakhir adonan ini tinggal digoreng, dan disajikan.


5. Timus

Bola Ubi, BOM dan Donat, Camilan Ubi yang PopulerFoto: Istimewa
Timus bisa dibilang sebagai gorengan ubi yang praktis dibuat, dan enak dijadikan teman cemilan saat pagi dan sore hari. Bahan dasarnya ada ubi jalar, tepung tapioka, gula pasir, hingga vanili bubuk.

Sama seperti olahan ubi goreng lainnya, cara membuat timus ini pertama dikukus hingga matang. Lalu lumatkan ubi dengan garpu hingga halus, kemudian campur semua bahan ke dalam adonan. Buat adonan bentuk lonjong, kemudian goreng dalam minyak panas kemudian ditiriskan.

Baca Juga: Krenyes Gurih Singkong hingga Talas Goreng yang Bikin Nagih (sob/odi)
FOKUS BERITA Umbi Goreng Renyah