Umbi Goreng Renyah

5 Jenis Umbi Ini Paling Enak Digoreng Garing

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Feb 2019 14:58 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Umbi Goreng Renyah
Jakarta - Umbi yang diolah dengan cara digoreng bisa jadi camilan enak. Diiris atau dipotong dan digoreng langsung rasanya gurih enak.

Singkong, ubi, talas, kentang hingga suweg. Beberapa orang ada yang berkreasi dengan umbi suweg dibuat menjadi bola-bola umbi. Rasanya gurih dan juga bisa mencegah kebosanan menikmati umbi kukus. Berikut ini ragam jenis umbi yang cocok diolah dengan cara digoreng.

Mau dicocol dengan sambal atau dilapisi dengan adonan manis. Semuanya enak dan cocok dinikmati dengan teh atau pun kopi.

1. Singkong

5 Jenis Umbi Lokal Ini Sering Digoreng untuk CamilanFoto: Instagram

Singkong goreng menjadi salah satu umbi yang populer di jual tukang gorengan. Umumnya dijajakan dengan ukuran yang cukup besar. Singkong yang dipilih banyak pedagang adalah singkong yang empuk dan tidak pahit. Potongan singkong direndam dalam air yang sudah dibumbui bawang putih dan garam, direbus sampai merekah.

Setelah mengembang dan merekah, singkong pun digoreng sampai garing kecokelatan. Selain bisa dinikmati dengan serutan keju dan susu kental manis. Singkong juga enak dinikmati polosan dengan sensasi rasa gurih asin.

Di Manado, singkong justru disajikan dengan cocolan sambal roa yang pedas. Hmm, enak!

2. Ubi jalar

5 Jenis Umbi Lokal Ini Sering Digoreng untuk CamilanFoto: iStock

Ubi jalar ada tiga jenis, ada yang berwarna putih, oranye dan ungu. Ubi jalar memiliki rasa yang manis dan enak diolah dengan cara dikukus atau digoreng. Akan tetapi penjaja gorengan biasanya menggunakan ubi putih.

Potongan ubi akan dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu. Digoreng sampai matang, tekstur bagian luarnya renyah dan dalamnya lembut. Ubi goreng ini bisa jadi pelengkap minum teh saat sarapan di pagi hari.

Baca juga: Si Bobi, Bola-bola Ubi Kopong yang Digemari Kaum Millenial

3. Talas

5 Jenis Umbi Lokal Ini Sering Digoreng untuk CamilanFoto: iStock

Talas memiliki tekstur yang lembut. Selain digoreng, talas juga sering diolah menjadi keripik. Untuk membuat talas goreng, potongan talas dibentuk sesuai selera. Agar getahnya hilang, rendam talas dalam air garam.

Setelah itu, masukkan talas ke dalam larutan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam dan lada, Diamkan sekitar 15 menit lalu goreng talas di dalam minyak banyak dan panas. Talas gorengpun siap disantap. Nyam!

4. Kentang

5 Jenis Umbi Lokal Ini Sering Digoreng untuk CamilanFoto: iStock

Dikenal sebagai umbi yang biasa diolah dengan gaya barat. Kini kentang goreng banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima. Kentang yang digoreng berbentuk stick dengan tekstur crispy. Kentang yang dipotong kemudian direndam dan dicelupkan ke dalam tepung sagu. Enak disajikan dengan bermacam-macam bubuk gurih dengan rasa keju, BBQ, asin dan saus pedas.

5. Suweg

5 Jenis Umbi Lokal Ini Sering Digoreng untuk CamilanFoto: iStock

Suweg merupakan umbi-umbian yang kian langka diolah. Namun beberapa orang pernah membuat suweg menjadi makanan camilan yang enak. Dikukus, kemudian dihaluskan dengan campuran bumbu, suweg bisa dibuat menjadi bola-bola gurih.

Mirip seperti bola-bola ubi kopong, hanya saja rasanya gurih pedas. Tak hanya dapat digoreng, suweg juga sering dimanfaatkan menjadi bahan baku tepung yang nantinya bisa dibuat menjadi mie atau pun roti.

Baca juga: Tanpa Nasi, 7 Umbi Ini Rendah Kalori Bisa Bikin Kenyang (lus/odi)
FOKUS BERITA Umbi Goreng Renyah