Krenyes Renyah Gorengan

Si Bobi, Bola-bola Ubi Kopong yang Digemari Kaum Millenial

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 23 Feb 2018 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sudah ada sejak dulu, bola-bola ubi jadi gorengan yang dianggap sepele. Namun, pertengahan tahun lalu jajanan ini mendadak hits di kalangan anak muda.

Meskipun banyak dessert atau jajanan tradisional yang populer, akan tetapi jajanan kaki lima yang satu ini berhasil menyita perhatian kaum millenial. Dibuat dari bahan sederhana, namun ditambahkan dengan beragam paduan rasa kekinian yang membuat jajanan tradisional ini semakin menarik.

Baca juga: Jajanan Kaki Lima 'Naik Kelas' dengan Tambahan Topping dan Tampilan Cantik

Si Bobi, Bola-bola Ubi Kopong yang Digemari Kaum Millenial Foto: Istimewa


Umbi menjadi salah satu bahan makanan asli Indonesia yang tinggi karbohidrat dan juga serat. Jika ditilik dari asalnya, gorengan bola-bola ubi berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Bola-bola ubi ini terbuat dari campuran ubi jalar kukus, tepung tapioka dan gula bubuk. Semua adonan dicampur hingga rata setelah itu dibentuk menjadi bulat. Selain menggunakan ubi kuning, ada juga yang menggunakan ubi ungu.

Si Bobi, Bola-bola Ubi Kopong yang Digemari Kaum Millenial Foto: detikFood

Seiring waktu, jajanan kaki lima ikut mengalami inovasi. Pemakaian bahan sederhana diganti dengan bahan premium. Kemasannya juga kekinian dengan tampilan menu menarik nan 'Instagramable.'

Kini, bola-bola ubi tidak disajikan polos dengan gula bubuk saja. Namun, juga ditambahkan bubuk susu cokelat hingga adonannya diberi campuran rasa matcha yang kekinian. Gorengan bola-bola ubi kopong pun jadi serbuan banyak orang, terutama kaum millenial yang penasaran dengan rasanya.

Baca juga: Bola-bola Ubi Kopong, Jajanan Ndeso yang Mendadak Hits (lus/odi)