Street Food Kekinian

Jajanan Kaki Lima 'Naik Kelas' dengan Tambahan Topping dan Tampilan Cantik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 22 Agu 2017 17:13 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Dulu bola-bola ubi, pancong hingga pisang goreng dianggap sepele. Tapi sekarang dengan tampilan kekinian dan topping premium, jajanan kaki lima ini jadi istimewa.

Meski banyak dessert gaya Asia dan Barat yang populer, jajanan kaki lima tradisional tetap jadi incaran. Pasalnya rasanya enak dan harganya murah. Jajanan ini dibuat dengan bahan-bahan sederhana, tapi rasanya selalu sukses bikin kangen.

Seiring waktu, jajanan kaki lima ikut mengalami inovasi. Pemakaian bahan sederhana diganti dengan bahan premium. Kemasannya juga kekinian dengan tampilan menu menarik nan 'Instagramable.'

Baca Juga: Raja Pisang Nugget: Pisang Goreng Bentuk Nugget dengan Topping Choco hingga Oreo
Pisang goreng yang diolah jadi mirip nugget dengan aneka topping.Pisang goreng yang diolah jadi mirip nugget dengan aneka topping. Foto: Istimewa

Pisang goreng, misalnya, tadinya hanya dijajakan di gerobak gorengan seharga sekitar Rp 1.000 per buah. Tapi kini ada pisang nugget yang lebih modern. Meski sama-sama berbahan pisang, pisang nugget memakai balutan tepung roti sehingga tampilannya persis nugget setelah digoreng.

Pisang juga dikut diberi topping premium. Mulai dari cokelat, keju, vanilla Oreo, karamel keju, strawberry keju hingga susu keju. Pisang lalu dikemas cantik dalam kotak kekinian. Inovasi ini rupanya berhasil Buktinya gerai Raja Pisang Nugget selalu laris diantre pembeli.

Bola-bola ubi.Bola-bola ubi. Foto: Istimewa

Selain pisang goreng, ada jajanan khas Bandung yaitu bola-bola ubi kopong yang sedang hits. Jika biasanya bola-bola ubi disajikan polos, kini di Jakarta ada bola-bola ubi rasa pandan. Semakin unik karena bola-bola ubi juga bisa ditambahkan bubuk Milo sebagai pengganti gula halus.

Baca Juga: Bola-bola Ubi Kopong, Jajanan Ndeso yang Mendadak Hits

Pancong dengan aneka topping.Pancong dengan aneka topping. Foto: Istimewa

Bagaimana dengan pancong? Kue empuk manis ini biasanya disajikan polos berwarna cokelat tanpa tambahan rasa. Tapi sekarang ada pancong warna-warni dengan aneka topping. Seperti pancong red velvet dan rainbow yang diberi marshmallow, keju, meisjes, hingga durian.

Nah, pada ulasan kali ini, detikFood membahas seputar jajanan kaki lima kekinian. Mulai dari jenisnya, pelengkap hingga tempat membeli jajanan tersebut. Tentu bisa jadi referensi Anda untuk mencicip jajanan kaki lima yang baru. Pantau terus detikFood untuk tahu cerita lengkapnya. (lus/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Load Komentar ...