Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil yang Penuh Manfaat

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 22 Mar 2019 12:08 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Bawang putih selalu jadi bumbu dapur andalan. Bukan hanya memberi aroma dan rasa sedap, khasiat bawang putih untuk kesehatan sangatlah banyak.

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu dapur beraroma khas ini. Tidak hanya sedap dalam hidangan, bawang putih juga kaya akan manfaat. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai anti virus, anti jamur, bisa turunkan kolesterol hingga menjaga sistem imunitas.

Baca juga: Bawang Putih Ampuh Cegah Flu

Untuk mendapatkan aroma yang maksimal dari bawang putih, cara pengolahannya harus tepat dan sesuai kebutuhan. Aroma yang kuat dapat diperoleh dengan mememarkan bawang putih dan mencincangnya dengan halus. Sebaliknya, untuk aroma yang lembut cukup iris tipis bawang putih dan gunakan untuk memasak.

Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil yang Penuh ManfaatFoto: Istock

Aroma bawang putih ini berasal dari enzim bernama allyl methyl sulfide. Keberadaan enzim tersebut juga menyebabkan aroma bawang putih bisa bertahan 24 jam di mulut.

Selain digunakan langsung dalam masakan, bawang putih dapat diolah menjadi minyak yang dapat digunakan saat anda menumis atau membuat resep lain. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih lalu tumis dengan sedikit minyak hingga bawang kaku. Jika sudah dingin, campurkan minyak hasil tumisan dengan minyak yang lebih banyak.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Bawang Putih Bikin Marcel Chandrawinata Sehat dan Bugar

Sayangnya, bawang putih tidak disukai beberapa orang karena meninggalkan bau yang kuat setelah dikonsumsi. Untuk menghilangkan aroma bawang putih, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

1. Apel
Mengonsumsi buah apel dapat membantu mengatasi masalah dengan aroma bawang putih. Kandungan senyawa polyphenol di dalamnya bisa menghilangkan aroma tak sedap khas bawang putih.

2. Susu
Lemak yang terkandung dalam susu dapat melarutkan zat dari bawang putih yang menimbulkan aroma tidak sedap.

3. Teh hijau
Teh hijau juga bisa menjadi alternatif lain untuk usir aroma bawang putih. Sama seperti apel, teh hijau mengandung senyawa polyphenol yang dapat menghilangkan bau.

Ini Khasiat Bawang Putih, Si Mungil yang Penuh ManfaatFoto: Independent/Thinkstock

Meskipun aromanya kuat, bawang putih tetap jadi bumbu yang selalu ada di dapur rumah. Khasiatnya pun tetap dapat dirasakan meski bukan dengan dikonsumsi secara langsung atau dalam masakan. Karena bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan tubuh dari luar bahkan untuk tanaman. Berikut manfaat serta cara mengunakannya.

1. Mengusir Ketombe
Memarkan sekitar 5 siung bawang putih dan biarkan 10 sampai 15 menit. Kemudian tambahkan dengan 7 sdm madu organik dan aduk rata. Madu ditambahkan karena punya sifat anti jamur. Caranya oleskan leskan campuran madu dan bawang pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Diamkan 5-10 menit. Terakhir, bilas bersih dengan shampoo.

2. Meredakan Jerawat
Ambil setengah siung bawang dan gosokkan pada area berjerawat. Bawang putih punya sifat antiradang untuk mengurangi iritasi kulit. Bawang putihpun mengandung alicin yang akan membunuh bakteri penyumbat pori-pori penyebab jerawat.

3. Mengusir hama
Cukup campur beberapa siung bawang putih dan air kemudian blender. Semprotkan cairan tersebut secara berkala pada bunga dan tumbuhan. Serangga pasti akan menghindar.

4. Mengembalikan warna kuku
Ambil cotton bud dan celup sedikit ke minyak bawang putih kemudian oleskan ke jari kuku. Secara perlahan, kuku jari kaki akan kembali ke warna normal dalam seminggu.

Baca juga: Bau Bawang Putih Lekat di Mulut? Atasi dengan Konsumsi Apel dan Jus Lemon

(adr/adr)