Snack Jepang Kekian

Mille Crepes Cake Hingga Cheese Tart Disajikan dengan Rasa Matcha

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Mar 2019 17:10 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Ngemil makanan manis enak sambil bersantai. Apalagi ditambah dengan campuran matcha yang agak sedikit pahit. Enak!

Bubuk matcha memiliki rasa pahit dan manis. Ini sering menjadi rasa dessert khas Jepang. Sesuai dengan perkembangan selera, matcha tak hanya untuk chanoyu tetapi juga menjadi penambah rasa beragam dessert. Warnanya jadi cantik dan rasanya juga enak.

Baca juga: Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan Kekinian

1. Panna cotta

Mille Crepes Cake Hingga Cheese Tart Disajikan dengan Rasa MatchaFoto: iStock

Meskipun dessert ini berasal dari Italia. Panna cotta selalu ada dalam dessert restoran Jepang. Panna cotta dibuat dengan campuran krim atau susu yang ditambahkan dengan gelatin dan jelly.

Pana cotta sering dipadu dengan tamabahan topping. Mulai dari buah, cokelat, kopi hingga madu. Khusus orang Jepang, biasanya panna cottanya dipadu dengan bubuk matcha sehingga warnanya hijau dengan tambahan bubuk matcha dan whipped cream.

2. Taiyaki

Mille Crepes Cake Hingga Cheese Tart Disajikan dengan Rasa MatchaFoto: iStock

Kue Jepang berbentuk ikan ini dibuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, baking powder, telur dan air. Taiyaki tidak hanya bisa diisi dengan ragam isian seperti selai kacang, cokelat, vla dan keju.

Bagi pecinta matcha, Taiyaki dipadu bersama dengan soft serve ice cream dengan rasa matcha juga. Lelehan es krim yang berpadu dengan adonan empuk terasa sangat nikmat.

3. Parfait

Mille Crepes Cake Hingga Cheese Tart Disajikan dengan Rasa MatchaFoto: iStock

Parfait merupakan frozen dessert gaya Prancis yang rasanya sangat segar. Umumnya dipadukan dengan buah dan cokelat yang lengkap. Parfait sering juga diisi dengan es krim matcha, dango hingga pasta kacang merah.

Rasanya manis dengan sensasi rasa pahit khas matcha yang ditaruh di atas es krim.

Baca juga: Cantik Banget! Parfait Ini Disusun Persis Pohon Bonsai yang Unik

4. Cheese Tart

Mille Crepes Cake Hingga Cheese Tart Disajikan dengan Rasa MatchaFoto: iStock

Cheese tart gaya Jepang ini puaskan selera dengan kulit renyah dan custard leleh. Terdapat banyak pilihan rasa tart. Selain Original Cheese Tart, ada juga Dark Chocolate Cheese Sensation, Durian Cheese Tart dan Red Bean Matcha Delight yang memadukan matcha dengan pasta kacang merah. Nyam!

5. Matcha Mille Crepes Cake

Mille Crepes Cake Hingga Cheese Tart Disajikan dengan Rasa MatchaFoto: dok. detikFood

Kue berlapis-lapis khas Jepang ini disebut dengan Mille Crepes. Adonan tepung terigu yang dicampur dengan matcha dengan paduan cream cheese menghasilkan rasa manis yang ringan. Kue ini disajikan setelah disimpan dalam kulkas sehingga teksturnya tak lembek. (lus/odi)