Snack Jepang Kekinian

Uiro Hingga Dango, Kue Berbahan Tepung Beras Khas Jepang

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 14:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian
Jakarta - Tak hanya Indonesia dan Thailand, Jepang juga punya kue berbahan tepung beras. Rasanya manis dengan tekstur lembut dan kenyal. Yummy!

Di Jepang, kue-kue biasa disebut dengan Wagashi yang terbuat dari tepung beras. Dibuat dengan warna-warni yang cantik, kue-kue Jepang ini sering dinikmati saat sarapan atau ngeteh sore.

Baca juga: Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang Legendaris

1. Uiro

Uiro Hingga Dango, Kue Berbahan Tepung Beras Khas JepangFoto: iStock

Uiro ialah kue manis khas Nagoya. Kue ini terbuat dari beras Uruchi dan gula. Uiro dimasak dengan cara dikukus. Disajikan dalam beberapa warna mulai dari putih, hitam, cokelat, hijau hingga ungu.

Rasanya manis dan teksturnya kenyal. Uiro dibuat dengan campuran gula hitam, bubuk teh hijau, kacang manis, daun ceri asin dan chestnut.

2. Rakugan

Uiro Hingga Dango, Kue Berbahan Tepung Beras Khas JepangFoto: iStock

Rakugan termasuk dalam kue-kue manis Jepang yang disebut dengan Wagashi. Rakugan, kue kering manis yang dibuat dari tepung beras dan gula bubuk. Adonannya dibuat dari campuran tepung beras, gula dan sedikit air.

Adoni hingga teksturnya kenyal dan agak kasar, baru setelah itu masukkan ke dalam cetakan dan keringkan. Rasa dari kue ini manis. Rakugan tampil cantik karena dicetak berbagai bentuk. Kue ini dapat ditemukan di supermarket atau pun toko kue Jepang.

3. Mochi

Uiro Hingga Dango, Kue Berbahan Tepung Beras Khas JepangFoto: iStock

Kue Jepang yang satu ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut. Dibentuk bulat, mochi yang kenyal sering dibuat untuk perayaan tradisional Mochitsuki atau perayaan Tahun Baru Jepang.


Untuk mochi dengan tambahan daun disebut dengan Kashiwa Mochi. Kue beras yang kenyal ini diisi dengan pasta kacang merah manis. Kemudian dibungkus dengan daun ek (kashiwa). Bahan untuk membuat kue ini adalah kashiwa, pasta kacang merah (anko), joshinko, tepung kentang, gula pasir dan air.

4. Dango

Uiro Hingga Dango, Kue Berbahan Tepung Beras Khas JepangFoto: iStock

Kue kenyal berbentuk bulat ini disebut dengan dango. Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan air. Setelah tepung beras dicampur dengan air dan dibentuk seperti bola-bola. Lalu adonan dikukus atau direbus hingga matang.

Setelah dango matang barulah adonan bola-bola tersebut ditusuk memakai tusukan satai dari bambu yang disebut kushi dango. Tiap tusuk biasanya berisi 3-4 buah kue dango. Sebelum disantap dango dibakar di atas bara api seperti satai hingga permukaannya berwarna kecokelatan.

Kue dango bisa disajikan dengan topping berupa campuran gula dan soy sauce.

5. Youkan

Uiro Hingga Dango, Kue Berbahan Tepung Beras Khas JepangFoto: iStock

Sudah ada sejak tahun 1911, youkan dibuat dari campuran pasta kacang merah, jelly dan gula. Akan tetapi beberapa juga ada yang menambahkan dengan tepung beras agar teksturnya lebih padat.

Ada dua jenis youkan yang populer yakni neri youkan dan mizu youkan. Mizu artinya air, ini tandanya jenis mizu lebih banyak menggunakan air dibanding jenis originalnya.

Youkan kadang dibuat dengan warna hijau, biasanya warna hijau ini berasal dari bubuk green tea. Biasanya youkan juga dibuat dengan tambahan kacang cincang, buah persik hingga ubi manis.

Baca juga: Siapa Mau Coba 5 Makanan Unik dari Jepang Ini? (lus/odi)
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian