Kue Tradisional Asia

Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang Legendaris

Devi Setya - detikFood Kamis, 18 Okt 2018 14:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia
Jakarta - Jepang dikenal sebagai surganya makanan. Kue tradisionalnya juga punya banyak ragam dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Dessert kekinian dari negeri Sakura ini memang kerap jadi kiblat kuliner manis dunia tapi jangan salah, kue tradisionalnya juga tak lekang oleh waktu. Ada dorayaki hingga mochi sakura yang memiliki sejarah panjang namun masih eksis hingga kini.

1. Dorayaki
Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang LegendarisFoto: Istock
Kue ini populer di kalangan anak-anak era 90-an karena sering muncul dalam serial kartun Doraemon. Ya, dorayaki adalah makanan favorit robot kucing warna biru ini.

Dorayaki adalah pancake Jepang yang bisa dikategorikan sebagai makanan kuno. Resep dorayaaki pertama kabarnya sudah dibuat sejak tahun 1914 dan sudah dianggap sebagai makanan tradisional kebanggaan masyarakat Jepang.

Dorayaki terbuat dari bahan utama tepung terigu, susu, telur dan gula. Rasanya manis dan teksturnya lembut fluffy. Dorayaki biasa diberi isian pasta kacang merah yang rasanya manis legit.

2. Sakura Mochi
Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang LegendarisFoto: Istock
Kue tradisional khas Jepang ini juga tak kalah populer. Sakura mochi adalah kudapan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun sakura. Sakura mochi sengaja dibuat dengan warna merah muda sehingga tampilannya cantik dan manis.

Sakura mochi biasa diisi dengan pasta kacang merah yang kental dan manis. Teksturnya kenyal dan rasanya manis.

Sakura mochi bukan hanya sekedar kue tradisional tapi juga makanan yang jadi bagian dari tradisi. Biasanya dimakan saat musim semi terutama saat Girl's Day dan Flower Viewing. Makan sakura mochi di bawah pohon bunga sakura yang bermekaran jadi salah satu rutinitas masyarakat Jepang.

Baca juga : Selain Cantik, Kue Tradisional Asia Juga Manis Enak Rasanya

3. Taiyaki
Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang LegendarisFoto: Istock
Taiyaki juga dikenal dengan sebutan kue ikan karena memang bentuknya seperti ikan. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur ayam dan air. Adonan ini kemudian dimasak menggunakan cetakan khusus berbentuk ikan.

Taiyaki berasal dari bahasa Jepang yakni tai yang berarti ikan dan yaki yang berarti panggang. Kue ini biasa diberi isian kacang merah yang sudah dimasak dengan gula sehingga rasanya manis dan teksturnya kental.

Awalnya taiyaki bernama imagawayaki yakni kue yang dicetak dengan berbagai bentuk hewan, namun lambat laun bentuk ikan adalah yang paling populer. Di Jepang, ikan tai adalah jenis ikan mahal yang hanya dimakan pada kesempatan istimewa saja.

Kue ini juga dianggap bisa membawa keberuntungan lho, jadi masyarakat Jepang selalu bangga dengan kue ini. Sekarang taiyaki memiliki banyak varian isian yang lebih modern.

4. Youkan
Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang LegendarisFoto: Istock
Kudapan tradisional lainnya yang tak kalah populer adalah yokan. Ini adalah agar-agar yang terbuat dari pasta kacang merah, jelly dan gula. Biasanya kudapan manis ini disajikan dalam bentuk irisan.

Ada dua jenis yokan yang populer yakni neri yokan dan mizu yokan. Mizu artinya air, ini tandanya jenis mizu lebih banyak menggunakan air dibanding jenis originalnya.

Youkan kadang dibuat dengan warna hijau, biasanya warna hijau ini berasal dari bubuk green tea. Biasanya youkan juga dibuat dengan tambahan kacang cincang, buah persik hingga ubi manis. Kudapan ini kabarnya sudah ada sejak tahun 1911 lho.

Baca juga : Cincau, Mochi dan Es Krim Matcha Jadi Campuran Dessert Taiwan dan Jepang (2) https://food.detik.com/info-kuliner/d-2799533/cincau-mochi-dan-es-krim-matcha-jadi-campuran-dessert-taiwan-dan-jepang-2

5. Warabimochi
Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang LegendarisFoto: Istock
Warabimochi tak kalah unik, kue yang masih masuk dalam jenis kue mochi ini terbuat dari pati pohon pakis. Pati tersebut kemudian diolah menjadi jely yang kenyal.

Saat penyajian, warabimochi dihidangkan dengan taburan bubuk kinako yakni tepung kacang kedelai panggang. Rasanya manis dan membuat warabimochi semakin banyak disukai orang.

6. Anmitsu
Manis dan Unik Kue-kue Tradisional Jepang yang LegendarisFoto: Istock
Kudapan ini juga tak kalah legendaris. Anmitsu sudah populer di Jepang selama beberapa dekade. Sajian ini terdiri dari beberapa isian yang disajikan dalam satu wadah.

Anmitsu terdiri dari agar-agar yang dipotong kecil, jelly yang dibuat dari ganggang merah, pasta kacaang azuki, kacang polong rebus dan berbagai buah-buahan. Biasanya anmitsu juga dihidangkan dengan sirup hitam manis yang disebut mitsu.

Sekarang anmitsu masih eksis disajikan dan dinikmati masyarakat Jepang. Selain versi original atau tradisional, anmitsu juga hadir lebih modern dengan tambahan es krim berbagai rasa.




Tonton juga 'Nikmatnya Kue Kolmbeng, Sederhana namun Bikin Kangen':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia