Mulur Gurih Makanan Serba Keju

Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga Fantastis

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 17 Mar 2019 14:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Keju sudah ada sejak zaman prasejarah. Meski sudah berusia ribuan tahun, tapi keju selalu digemari. Harganya pun semakin melambung tinggi.

Populer di berbagai negara, keju sudah menjadi makanan yang mendunia. Berbagai jenis dan teknik pengolahan, juga mempengaruhi harga keju. Bahkan banyak keju yang memiliki harga fantastis.

Dilansir dari EasternEye (17/03), berikut 5 jenis keju yang paling mahal di dunia.

Baca Juga: Slurpp! Ini Cheese Tea, Teh dengan Busa Keju yang Nikmat


1. Pule

Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga FantastisFoto: Istimewa
Keju ini dinobatkan sebagai keju termahal di dunia, dan hanya tersedia sesuai permintaan. Keju ini unik, karena dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh. Apalagi keju ini dipenuhi dengan lemak sehat, dan kaya akan vitamin.

Pule terbuat dari susu keledai yang diasap, dan hanya menggunakan keledai dari Siberia. Setidaknya dibutuhkan sekitar 25 liter susu keledai, untuk membuat 1kg keju pule. Per 500 gram, keju ini dihargai sekitar $600 (Rp 8.520.000).


2. White Stilton Gold

Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga FantastisFoto: Istimewa
Kalau keju ini berasal dari Inggris, dianggap sebagai raja keju bagi orang Inggris. Keju ini harganya sangat mahal, karena hanya diproduksi oleh 6 tempat.

Keju ini biasanya dibuat dengan rasa yang mirip seperti buah, campuran dari lemon, jahe, aprikot, dan kombinasi buah-buahan lainnya. Per 500 gram, keju ini dihargai sekitar $420 (Rp 6.006.000).


3. Wyke Farms Cheddar

Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga FantastisFoto: Istimewa
Masuk ke dalam daftar keju tradisional terbaik. Keju jenis Wyke Farms Cheddar, pertama kali dibuat di tahun 1861. Oleh keluarga petani Wyke, yang tinggal di Inggris.

Keju ini sering mendapatkan penghargaan. Hingga saat ini produk keju cheddar ini, dibuat di perkebunan Somerset, menggunakan produk susu asal Inggris. Harga per 500 gram keju cheddar ini, dimulai dari $200 (Rp 2.860.000).


4. Extra Old Bitto

Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga FantastisFoto: Istimewa
Keju Extra Old Bitto berasal dari China. Meski kebanyakan keju diproduksi di negara barat, tapi jenis keju yang satu ini masuk ke dalam salah satu keju termahal dan tertua di China.

Awalnya keju ini dibuat oleh produsen asal Hong Kong di tahun 1997. Produknya memang menawarkan keju yang berusia 10 tahun, sehingga harganya mencapai $150 (Rp 2.145.000) per 500 gramnya. Tentunya produk keju ini diminati dan diburu banyak orang.


5. Caciocavallo Podolico

Siapkan Uang Banyak! 5 Jenis Keju Ini Berharga FantastisFoto: Istimewa
Jenis keju ini populer dengan sebutan keju kuda, dan terkenal di wilayah Italia Selatan. Meski sebutannya keju kuda, tapi ternyata keju ini tidak menggunakan susu kuda sama sekali.

Melainkan di masa lalu, keju ini digantung di atas kuda, selama proses pembuatan. Untuk harga, Anda harus mengeluarkan uang sekitar $50 (Rp 715.000) per 500 gramnya.

Baca Juga: 8 Jenis Keju Paling Sering Dipakai di Restoran dan Bakery (sob/odi)