Mulur Gurih Makanan Serba Keju

Diiringi Musik Hip Hop Ternyata Rasa Keju Jadi Lebih Enak

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 15 Mar 2019 19:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa bilang musik hanya bisa menghibur telinga saja? Kini musik hip hop terbukti dapat membuat rasa keju, menjadi lebih enak.

Lewat studi terbaru, yang dilakukan peneliti dari Bern University of Arts di Swiss dan penggemar keju Beat Wampfler. Mereka menemukan bahwa keju yang terkena paparan musik dengan genre hip hop, memiliki rasa lebih enak dari keju jenis lainnya.

Baca Juga: Tak Semua Keju Mozzarella yang Dijual di Pasaran Itu Asli
Diiringi Musik Hip Hop Ternyata Rasa Keju Jadi Lebih EnakFoto: Istimewa
Dikabarkan Swiss Info (14/03), para peneliti menggunakan rak kayu berisi keju Emmental kualitas terbaik. Keju ini berasal dari World Cheese Championship, Antony Wyss. Barisan keju ini sengaja diterapkan metode stimulus musik yang berbeda genrenya.

Setidaknya ada lebih dari 10 kg keju, yang diletakkan dalam kotak kayu terpisah sejak bulan September tahun lalu. Agar para peneliti bisa menganalisa aroma dan rasa, dari masing-masing keju.

Penelitian ini juga menggunakan alat mini transmitter, agar energi musiknya bisa sampai ke bagian dalam keju.
Diiringi Musik Hip Hop Ternyata Rasa Keju Jadi Lebih EnakFoto: Istimewa
Ada keju yang didengarkan musik genre Mozart, Yello, Led Zeppelin, rock, hingga genre musik lainnya selama 8 bulan. Dalam eksperimen ini, para peneliti menemukan bahwa keju yang terpapar musik hip hop selama 8 bulan, memiliki rasa yang lebih enak.

"Para bakteri melakukan kerja yang baik," ungkap Ben ketika mempresentasikan hasil penelitiannya. Menurut hasil analisa sensor, barisan keju yang terkena musik hip hop, punya rasa dan aroma yang lebih 'fruity'.

"Perbedaan yang paling terlihat jelas terletak di kekuatan rasa, hingga aroma. Hasilnya keju dengan musik hip hop, menempati peringkat utama dalam masalah kekuatan rasa dan aroma," ungkap penelitian ini.

Atau mirip seperti aroma dan rasa buah, dibandingkan keju yang terpapar musik rock dan genre lainnya.
Diiringi Musik Hip Hop Ternyata Rasa Keju Jadi Lebih EnakFoto: Istimewa
Musik hip hop yang diputar juga cukup beragam, dan yang terkenal. Seperti lagu We Got The Jazz milik A Tribe Called Quest.

"Kami sangat senang dengan hasilnya. Awalnya kami pikir, hasil ini dikarenakan budaya dari orang Swiss. Orang Swiss sendiri percaya bahwa musik memerankan hal penting, untuk membuat keju Emmental jadi lebih enak," tutur Profesor Michael Harenberg, yang turut bergabung dalam penelitian ini.

Lewat penelitian ini diharapkan, bahwa nantinya pengaruh musik bisa menjadi alat pengembangan karakter, hingga rasa untuk keju.

Sebelumnya ahli keju beranggapan bahwa, keju diproduksi dalam ruangan sambil diputar alunan musik, akan menghasilkan rasa yang lebih enak.

Baca Juga: Percaya atau Tidak? Keju yang Dibuat Dengan Alunan Musik Rasanya Lebih Enak (sob/odi)