Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari Bandung

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Mar 2019 16:47 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seblak selalu masuk ke dalam daftar makanan pedas favorit. Diracik dari kerupuk, ditambah dengan bumbu kencur dan sambal pedas, rasanya semakin enak dan nagih.

Jajanan populer yang satu ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Seblak mirip dengan makanan dari daerah Sumpiuh, di Jawa Tengah, yang diberi nama Krupuk Godog. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar kerupuk basah, tapi racikan bumbunya berbeda.

Baca Juga: Seblak Khas Bandung Berkuah Pedas dengan Isi Ceker Ayam
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood
Seblak asal Bandung, kaya akan bumbu kencur atau cikur yang kuat. Bumbu kencur ini menghasilkan aroma dan rasa unik, yang berpadu sempurna dengan ulekan sambal pedas. Jajanan ini populer sejak tahun 2000an, biasanya dijual menggunakan gerobak, dengan harga murah. Tapi kini seblak sudah jadi makanan kekinian, yang disediakan di kafe tempat nongkrong hingga restoran.

Dulu seblak variannya terdiri dari dua macam, ada seblak basah yang disajikan dengan kuah pedas. Lalu ada seblak kering, yang disajikan tanpa kuah tapi teksturnya tetap basah.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat seblak ada kerupuk kanji, telur, kencur, bawang merah dan putih, cabe rawit, hingga garam. Cara membuatnya terbilang mudah, cukup rendam kerupuk pada air panas, lalu biarkan hingga mengembang dan tiriskan.
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood/Istimewa
Setelah itu haluskan semua bumbu seperti kencur dan bawang, kemudian tumis bumbu hingga wangi. Lalu masukan kerupuk, dan tambahkan telur kocok agar menjadi telur orak-arik. Biasanya banyak orang yang menambahkan sambal merah agar rasa seblak semakin pedas.

Banyak juga yang menambahkan sisa tulang ayam, agar kuah seblak lebih terasa kaldu gurihnya. Meski dulu bahan utamanya hanya kerupuk saja, tapi kini varian dan toppingnya semakin banyak sejalan dengan popularitas seblak yang meroket.

Kini toppingnya ada kerupuk kuning, bakso, makaroni, kikil, kwetiau, otak-otak, mie, siomay, batagor, potongan daging ayam, hingga ceker. Bahkan terdapat juga topping seblak unik, seperti lobster utuh, keju mozarella, cilok, kerang, hingga seblak rasa mie instan Korea.

Salah satu gerai seblak yang paling hits dan populer ada Seblak Jeletet Murni. Gerai seblak yang berlokasi di wilayah Pademangan, yang menjadi pelopor seblak di Jakarta. Untuk mencicipi seblak di sini, pengunjung harus rela mengantre selama berjam-jam.
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: Istimewa
Baca Juga: Seblak Jeletet Murni: Antre 2 Jam Demi Mencicip Seblak Super Pedas di Pademangan

Di sini terkenal dengan menu seblak super pedas, dengan aneka topping. Seperti kerupuk, mie, kwetiau, makaroni, kikil, bakso, tulang dan juga ceker. Setiap isian dibandrol dengan harga Rp 7.000 - Rp 8.000. Ada juga topping sayap ayam (Rp 6.000) dan telur (Rp 4.000). Lengkap dengan pilihan level pedas sesuai selera.

Nah, bagi yang malas mengantre atau tertarik mencoba membuat seblak sendiri di rumah, ternyata caranya cukup gampang. Ada resep berisi bahan dan cara membuat seblak pedas spesial ala detikFood yang bisa diikuti.
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood
Bahan:
2 sdm minyak sayur
2 sdm cabe merah giling
2 siung bawang putih parut
500 ml air
2 sdm kerupuk aci rebus
5 buah otak-otak rebus
50 g makaroni rebus
5 buah siomay rebus
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 butir telur ayam, kocok

Cara membuat:

• Tumis cabe merah dan bawang putih hingga wangi dan matang.
• Tuangi air, didihkan.
• Masukkan kerupuk, otak-otak, makaroni dan siomay, didihkan.
• Bumbui dengan garam, merica dan gula lalu didihkan.
• Tuangkan telur, aduk hingga kental.
• Angkat dan sajikan hangat.

Untuk 2 orang.

Baca Juga: Resep Buka Puasa : Seblak Super Spesial



(sob/adr)