Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli Italia

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 12 Mar 2019 11:24 WIB
Foto: iStock/Independent Foto: iStock/Independent
Jakarta - Wali Kota Bologna, Italia buat kampanye baru di medsos terkait spaghetti bolognese. Spaghetti yang sudah terkenal di dunia itu ternyata bukan berasal dari Italia.

Bicara soal pasta, spaghetti bolognese pasti tidak asing di telinga. Pasta dengan siraman saus daging sapi cincang itu selalu ada dalam menu sajian khas Italia di beragam restoran. Padahal spaghetti bolognese bukanlah berasal dari Bologna, Italia. Hal itu diungkapkan langsung oleh Wali Kota Bologna, Virginio Merola.

Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli ItaliaFoto: iStock/Independent

"Spaghetti bolognese sebenarnya tidak ada (di sini) meskipun ini sangat terkenal di dunia," jelas Virginio Merola pada radio Italia RAI.

Meski begitu, ada satu hidangan yang mirip dengan spaghetti bolognese. Hidangan autentik Italia yang paling mirip dengan spaghetti bolognese adalah 'tagliatelle al ragù'.

Baca juga:Resep Pasta: Bolognaise Sauce

Tagliatelle merupakan jenis pasta yang memiliki bentuk lebar mirip seperti fettucine, hanya saja sedikit lebih tipis. Tagliatelle al ragù berisi pasta yang disajikan dengan saus dari daging sapi, sayuran, tomat, dan wine yang dimasak perlahan hingga mengental.

"Kami ingin dunia tahu bahwa Bologna menciptakan tagliatelle, tortellini, dan lasagne," tambah Virginio.

Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli ItaliaFoto: Istimewa

Tagliatelle al ragù sendiri berasal dari Emilia-Romagna dan Bologna merupakan ibukota wilayah itu. Untuk itu tidak ada sajian berupa spaghetti bolognese di Bologna melainkan tagliatelle al ragù.

Merola coba meluruskan hal ini lewat sebuah kampanye di media sosial. Ia memulainya dengan berkicau, "Kepada para penduduk, saya mengoleksi foto spaghetti bolognese dari berbagai belahan di dunia. Ini dari London. Mohon kirimkan saya apa yang kalian punya."

Cuitan itu direspon banyak orang. Banyak penduduk yang membalas cuitan itu dengan foto spaghetti bolognese hingga saus bolognese kemasan yang ada di berbagai belahan wilayah di dunia.

Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli ItaliaFoto: Istimewa

Terkait hal ini, Merola mengatakan bahwa dirinya berencana untuk mengumpulkan semua foto itu di FICO Eataly, taman hiburan makanan terbesar di dunia. Hal itu digunakan agar para turis yang datang ke sana untuk mencicip hidangan khas Bologna tidak akan pernah menemukan spaghetti bolognese.

"Aneh rasanya jadi terkenal di dunia lewat sajian yang bukan milik kita. Tentu saja kami senang jika hal ini menarik perhatian lebih ke kota kami, tapi kami lebih ingin dikenal lewat kualitas makanan yang merupakan bagian dari tradisi kuliner milik kami," ungkap Merola pada The Telegraph (27/2).

Baca juga: Begini Racikan Spaghetti Bolognese yang Benar Menurut Chef Italia (dwa/odi)